Ads 468x60px

Sabtu 25 Januari 2014

Pesta Bertobatnya St. Paulus
Hari Penutup Pekan Doa Sedunia

Kis 22:3-16; Mzm 117:1.2; Mark 16:15-18.


"Metanoia-Berbalik!" Inilah arti dasar dari pertobatan St Paulus yang kita pestakan hari ini bahwa setiap orang yang bertobat/ber-"SITORUS-SIap berTObat tRUS" diajak untuk mau berbalik secara real dan aktual dari gelap menjadi terang, dari dusta ke cinta dari setan ke Tuhan. Adapun tiga ajakan dasar Yesus yang bisa dibuat dengan belajar dari Paulus, yang "menyaPA Umat dg tuLUS", antara lain:
1.“Pergilah": Dari Tarsus ("tak genTAR ikut YeSUS"), Paulus pergi ke Roma-Korintus-Galatia-Efesus dll. Ia mengajak kita untuk pergi ke seluruh dunia, meninggalkan pola lama menjadi manusia baru dengan lahir hidup baru, dari pengejar menjadi pengajar, dari pecundang menjadi pahlawan, dari "taker" mjd "giver", dari saulus menjadi paulus.

2."Beritakanlah injil": Yesus mengutus Paulus untuk mewartakan Injil. Kata "Injil" (Yun: "ευαγγέλιον"/euangelion) berarti kabar baik/gembira. Dengan kata lain: Bersama Yesus dan Paulus, kita juga diajak u/mjd pewarta kabar baik-bukan kabar burung, menjadi kabar yang penuh ketulusan-bukan penuh pergunjingan dan kepalsuan. Kita diajak untuk terus menjadi "injil yang hidup" dengan doa-kata dan tindakan nyata kita yang membawa kebaikan dan kegembiraan (bonum et gaudium). Inilah juga yang coba kami tampilkan dalam buku "3C-Cerita Catatan Coretan" yang diluncurkan pad hari ini di SMA Ursulin Solo.

3."Baptislah setiap orang": Kardinal pertama Indonesia , Rm Darmayuwana mengenalkan konsep "katolik anonim", orang yang tidak beragama katolik tapi hidup dan sikapnya benar-benar katolik, org yang juga mengenal dan menghargai iman katolik tanpa harus menjadi katolik. Hal ini bisa terjadi karena pewartaan Gereja yang berdaya jadi ikat dan tanpa sekat lewat pendidikan-kesehatan dan sosial ekonomi. Dengan kata lain: Kita juga diajak semakin menjadi gereja yang berdaya pikat, yang mendengarkan dan mewartakan, Gereja sebagai "peristiwa" yg selalu tanggap dan berdialog dengan dunia aktual sekitar, yang up to date dengan suka-duka dan tawa tangis dunia hariannya.

"Dari Lebak Bulus ke Sukabumi-St Paulus doakanlah kami."

Tuhan memberkati + Bunda merestui.
Fiat Lux! (@RomoJostKokoh).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar