Ads 468x60px

Selasa 28 Januari 2014

Pw. St.Thomas Aquinas
2 Sam 6:12b-15.17-19; Mzm 24:7-10; Mark 3:31-35. 


"Summa Theologiae - Teologi yang agung!" Inilah magnus opus, salah satu karya besar St.Thomas Aquinas yang kita kenangkan hari ini. Ia adalah imam dan doktor gereja yang berasal dari keluarga Dominikan atau tarekat "OP" (Ordo Praedicatorium). Tapi, lewat aneka karya tulisnya, ia tidak hanya menjadi milik keluarga besar Dominikan tapi menjadi miliknya keluarga Gereja Semesta. Adapun beberapa minggu terakhir ini, bersama pak Wali ("yang punya jiWA punya nyaLI") saya menjumpai seorang sahabat dan saudara seiman, yang adalah Komandan Kopassus Komplek Menjangan Kartasura. Namanya: Kol. Maruli Simanjuntak. Maruli panggilannya, artinya: "MAkin RUkun dg Yg ILAHI". Yesuspun juga mengajak kita untuk "semakin rukun dengan yang ilahi" dengan 4 poros "UEFA", antara lain: 

1."Universalitas": Ia membuka relasi dengan siapa saja. Semangatnya tidak primordial/sektarian, tidak terbatas semata hanya pada hubungan darah/ikatan suku/emosional melulu pada orangtua/sanak saudaranya yang se-suku tapi hati dan karyaNya selalu terbuka untuk semua org lain, lintas budaya dan bahasa. 

2."Egalitas": Ia memandang sesamanya sebagai yang sejajar, sama-sama dari Allah dan sama-sama menjadi Allah. Tidak ada diskriminasi dan dominasi, semuanya sama (equal) di hadapan Allah sebagai sama-sama ciptaan yang berziarah menjadi kepada Allah, tidak ada nepotisme dan sinisme pada sesama. 

3."Fraternitas": BagiNya, sesama adalah "frater" (saudara, "se-udara") yang harus saling dikasihi dan dihargai dalam smangat persaudaraan yang hangat sekaligus bersahabat. 

4."Aktualitas": Ia mengharapkan adanya praksis iman sebagai saudara seiman/keluarga Kerajaan Allah: "Barangsiapa melakukan kehendak Allah, dialah saudaraKu laki-laki, dialah saudaraKu perempuan, dialah ibuKu!” Ia menginginkan adanya iman kristiani yang dihorisontalkan, diwujud-nyatakan dalam hidup harian secara real-aktual dan operasional. 

"Burung dara di Tangerang-Mari bersaudara dg smua orang." 

Tuhan memberkati + Bunda merestui. 
Fiat Lux! (@RomoJostKokoh).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar