Ads 468x60px

Kamis 20 Februari 2014

Pekan Biasa VI
Yak 2:1-9; Mzm 34:2-3.4-5.6-7; Mark 8:27-33.

"Vade retro satana - Enyahlah engkau iblis!" Inilah hardikan Yesus kepada Petrus, "yang tidak memikirkan apa yang dipikirkan Allah melainkan apa yang dipikirkan manusia.” Bicara soal iblis, menurut St. Ignatius, ada 3 karakter dasar iblis (LR 313-327): seperti perempuan/pintar merayu, seperti pria playboy/pintar berpura-pura dan seperti panglima/pintar mencari titik lemah. Secara sederhana, iblis/setan ini juga kerap hadir di kitab suci sebagai "serigala" yang rakus, "ular" yang licik dan "naga" yang pemarah. Dengan kata lain: Jika kita mudah rakus-licik dan marah, kita membuat iblis lahir di hati dan hidup kita. Adapun Yesus yang diakui Petrus sebagai "Mesias" ("yang terurapi"), yang selalu hadir untuk mengenyahkan iblis mengatakan bahwa sebelum mengalami pemuliaan dan kebangkitan, Ia harus menanggung banyak penyaliban dan kesakitan, antara lain: ditolak dan dibunuh oleh para tua, imam kepala dan ahli Taurat.

Nah, sebenarnya kitapun juga diajak untuk selalu mengenyahkan iblis dengan berani mengikuti 4 jalan iman seperti yang saya dapatkan ketika memberi sesion untuk para suster rubiah Claris di Singkawang, antara lain:

1."Lihat salibNya": Kita diajak untuk selalu mengarahkan mata dan hati kepada misteri Tuhan yang tersalib.

2."Pegang salibNya": Kita diajak untuk dekat-erat dan bersahabat dengan salibNya, berani memegang dan mengarahkan tangan kita kepada tanganNya, pergulatan salib kita kepada salibNya.

3."Pikul salibNya": Kita diajak u/rela memikul aneka salib dengan ringan dan terbuka, dengan sabar dan tegar karena kita boleh ikut sedikit merasakan apa yang dulu dialamiNya.

4."Bawa salibNya": Kita diajak untuk selalu berani membawa salibNya dalam segala gerak-polah, doa karya dan pergulatan harian kita karena didasari keyakinan ala Camara, "Tuhan bila salib menimpa kami maka hancurlah kami tapi bila Engkau yang datang bersama salib - Engkaulah yang setia memeluk kami."

"Bunga tulip banyak di Belanda - Bersama salib kita bersih dari aneka noda."

Tuhan memberkati + Bunda merestui.
Fiat Lux! (@RomoJostKokoh)

PIN HIK: 752D878C

Tidak ada komentar:

Posting Komentar