Ads 468x60px

Rabu 26 Februari 2014

Hari Biasa Pekan VII 
Yak 4:13-17; Mzm 49:2-3.6-7.8-10.11; Mark 9:38-40.

Aggiornamento - Membuka jendela." Inilah kata kunci selama "Vaticanum Secundum", Konsili Vatikan II: "A bringing up to date." Hal ini menandakan semangat keterbukaan untuk "berhari kini dan disini" (hic et nunc), yang dimulai lewat khotbah Paus Yohanes XXIII pada 25 Januari 1959 dan diteruskan oleh Paus Paulus VI. Istilah "aggiornamento" ini bermula ketika Paus membuka jendela kamar, ia merasa kamarnya akan lebih segar jika jendela dibuka. Gereja juga akan segar jika "jendelanya" dibuka: Yang di dalam dapat melihat keluar dan yang diluar dapat melihat ke dalam serta udara segar akan berhembus masuk membuat semua bahagia dan ceria, sehat dan bersemangat. 

Mengacu pada Injil hari ini ketika Yohanes berkata: “Guru, kami melihat seorang yang bukan pengikut kita, mengusir setan demi namaMu. Lalu kami cegah karena ia bukan pengikut kita!” Tapi Yesus berkata: “Jangan kalian cegah dia! Barangsiapa tidak melawan kita- ia memihak kita!" Dengan kata lain: Yesus menekankan semangat ber-"Dia.Lo.Gue" dengan semua orang yang berkehendak baik. Secara ideal, Kita diajak untuk terbuka, terus ber-"dialogue": ber-mitra dengan "yang lain/liane" (the others) dalam semangat kasih dan kemanusiaan. Secara real, kita kerap seperti murid-murid yang mudah mencegah dan menghambat orang lain karena mudah membuat stigma/cap buruk, memandang orang lain sebagai saingan/competitor, bukan sebagai kawan/kolaborator, yang meski berbeda harus dihargai dan diajak bekerjasama. Adapun 3 poros "dia.lo.gue" yang bisa dibuat, antara lain: 

1."Dialog dengan agama lain": Sebagai orang beriman, kita diajak untuk terbiasa membuka diri pada agama lain yang sama-sama menawarkan nilai kebaikan. 

2."Dialog dengan budaya lain": Sebagai manusia yang berbudaya (berbudi + berdaya), kita diajak terbuka, ber-"inkulturasi" pada budaya lokal sebagai cipta rasa karsa karena kerap budaya menjadi pintu pewartaan. 

3."Dialog dengan orang miskin": Gereja harus ber-"option for+with the poor", mempunyai keberpihakan dan keterlibatan pada dan dengan orang miskin karena Yesus juga mencintai yang miskin dan dimiskinkan oleh dunia. 

Tuhan memberkati + Bunda merestui. 
Fiat Lux  @RomoJostKokoh

(PIN: 752D878C)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar