Ads 468x60px

Jumat 28 Maret 2014

Hos 14:2-10; Mzm 81:6c.8a.8bc-9.10-11ab.14.17; Mark 12:28b-34.         

"Amor vincit omnia - Kasih mengalahkan segala." Inilah salah satu pesan inti dalam kantata prapaskah gereja kristiani se-Surakarta pada malam ini di Graha Anugerah bertema "Lift High The Cross." Adapun pelbagai tampilan paduan suara gerejani dan teatrikal orang muda dari Gereja Sragen serta Solo seakan mengamini dua pilar dasar yang dikatakan seorang Yahudi yang bijak kepada Yesus bahwa mengasihi Tuhan itu haruslah dengan segenap hati-segenap pengertian dan segenap kekuatan serta mengasihi sesama manusia itu jauh lebih utama daripada semua korban bakaran dan sembelihan.

Karena kebijaksanaannya ini, Yesus berkata kepada orang Yahudi itu: "Engkau tidak jauh dari Kerajaan Allah!" Disinilah, kita juga diajak menjadi orang bijak, yang tidak jauh dari Kerajaan Allah, yang mempunyai pemahaman-pengalaman dan sekaligus pengamalan akan kasih itu sendiri karena seperti kata Kahlil Gibran, "hidup tanpa cinta adalah ibarat pohon tanpa bunga/buah". Dengan kata lain: Kita diajak memiliki hidup yang berbunga dan berbuah dengan pelbagai tindakan kasih berpola salib, yakni kasih kepada Allah secara personal dan sekaligus kasih kepada sesama secara sosial: "Kasihilah Tuhan Allahmu dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dengan segenap akal budimu. Itulah hukum yang terutama dan yang pertama.

Dan hukum yang kedua, yang sama dengan itu, ialah: Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri. Pada kedua hukum inilah tergantung seluruh hukum Taurat dan kitab para nabi." Yang pasti, kita diajak mendasarkan harapan dan iman kita selalu pada nada dasar c, yakni cinta kasih, karena bukankah cinta itu adalah kasih, dan kasih itu adalah kasih yang dapat dirasakan oleh hati, yang dapat dilihat oleh orang buta dan dapat didengar oleh orang tuli? Kalau begitu, apakah kedua jenis kunci kasih ini yakni kasih vertikal kepada Tuhan dan kasih horisontal kepada sesama selalu hadir dan tumbuh mekar dalam taman bunga keseharian kita?

"Cari selasih di Taman Asri-Milikilah kasih setiap hari."

Tuhan memberkati + Bunda merestui. 
Fiat Lux! (@RomoJostKokoh).

PIN HIK: 752D878C

Tidak ada komentar:

Posting Komentar