Ads 468x60px

Minggu Prapaskah

Minggu Prapaskah Pertama:
Matius 4:1-11
Iblis berusaha mencobai Yesus untuk melakukan sesuatu yang tidak benar; 
tetapi, meskipun Yesus lelah dan lapar, Ia melakukan hanya apa yang benar.

Komentar Kitab Suci:
Terkadang memang sulit untuk melakukan apa yang baik dan benar, ya kan?
Katakan pada Tuhan, atau tunjukkan pada Tuhan dalam hatimu suatu saat di mana terasa sulit bagimu untuk melakukan apa yang baik dan benar. Luangkan waktu untuk menceritakan atau menunjukkannya pada Tuhan.


Kemudian, ceritakan atau tunjukkan pada Tuhan apa yang menyebabkan hal itu sulit bagimu. (Tuhan sudah tahu, tetapi akan membantumu jika kamu menunjukkan bagian hatimu itu pada Tuhan).
Mintalah Yesus untuk membantumu ingat bahwa Ia senantiasa menyertaimu; dan kemudian, setelah kamu siap, bayangkan Yesus bersamamu pada saat sulit itu. Perhatikan apa yang dilakukan Yesus … apakah Yesus menolongmu?
Katakan pada Yesus bagaimana perasaan hatimu ketika kamu tahu bahwa Ia ada di sana bersamamu.


Minggu Prapaskah Kedua:
Matius 17:1-9
Sahabat-sahabat Yesus sungguh takjub saat mereka melihat peristiwa yang mempesona itu.
Komentar Kitab Suci:

Pernahkah kamu merasa takjub? Kamu dapat menceritakan atau menunjukkan pada Tuhan dalam hatimu suatu saat ketika kamu merasa takjub. Apakah itu sesuatu yang sungguh mengagumkan hingga rasanya “napasmu berhenti” sesaat?

Katakan atau tunjukkan pada Tuhan hal-hal yang membuatmu takjub.
Setelah kamu siap, bayangkan Yesus bersamamu di saat atau tempat itu, menikmati saat-saat yang menakjubkan. (Luangkan sebanyak mungkin waktu yang mungkin kamu perlukan untuk ini.)
Dengarkan sementara Yesus mengatakan kepadamu bahwa Ia juga ingin membuatmu takjub.
Akhiri saat-saatmu bersama Yesus dengan menceritakan atau menunjukkan pada Yesus bagaimana perasaan hatimu terhadap hal-hal yang menakjubkan itu sekarang!


Minggu Prapaskah Ketiga:
Yohanes 4:5-42 
Yesus mengatakan pada perempuan yang bercakap-cakap dengan-Nya bahwa ia perlu minta Air 
Hidup.

Komentar Kitab Suci:
Pernahkah kamu merasa lelah, capai, atau sangat bosan, seperti tanaman yang kering dan layu?
Dapatkah kamu membayangkan suatu tanaman yang kering layu, dan kemudian dapatkah kamu melihat seseorang menyiraminya dengan air? Perhatikan baik-baik sementara tanaman itu perlahan-lahan mulai segar dan hidup kembali.

Dapatkah kamu membayangkan dirimu sendiri bagaikan tanaman yang kering dan layu itu? Mungkin kamu dapat menceritakan atau menunjukkan pada Yesus seperti apa hatimu ketika kamu merasa demikian.
Sekarang, dapatkah kamu membayangkan Yesus bersamamu dan menyirami hatimu yang terdalam? Apakah yang terjadi ketika Yesus melakukan hal itu? (Luangkan waktu untuk membayangkan apa yang terjadi dalam hatimu yang terdalam ketika Yesus melakukan hal itu).

Katakan atau tunjukkan pada Yesus bagaimana rasa hatimu ketika Ia bersamamu dan menyirami hatimu dengan Air Hidup.


Minggu Prapaskah Keempat:
Yohanes 9:1-41
Yesus menyembuhkan seseorang yang lahir buta.

Komentar Kitab Suci:
Dapatkah kamu bayangkan bagaimana rasanya jika kamu tak dapat melihat?
Tutuplah matamu rapat-rapat dan bayangkan bagaimana rasanya jika kamu tak dapat melihat apapun. Katakan pada Yesus bagaimana perasaanmu mengenai hal itu. Mungkin kamu bahkan dapat menunjukkan atau menceritakan pada Yesus beberapa hal yang tak akan lagi dapat kamu nikmati, hal-hal yang sekarang kamu suka melihatnya.

Tunjukkan pada Yesus betapa bahagianya kamu karena kamu dapat melihat.
Jika kamu ingin tinggal lebih lama bersama Yesus, mungkin kamu dapat memikirkan orang-orang terhadap siapa kamu sulit melihatnya dari sisi yang baik, mungkin seseorang dengan siapa kamu bertengkar, atau orang-orang yang menjengkelkan hatimu. Katakan pada Yesus apa yang membuatmu sulit untuk berteman dengannya.

Kemudian mintalah Yesus untuk menolongmu agar dapat melihat dengan lebih baik. Ijinkan Yesus menyentuh “mata hati”-mu. Tinggallah sejenak bersama Yesus dan nikmatilah saat-saat bersama-Nya.


Minggu Prapaskah Kelima:
Yohanes 11:1-45
Yesus membangkitkan Lazarus dari mati.

Komentar Kitab Suci:
Apakah kamu suka melihat bunga-bunga mulai bermekaran? Dapatkah kamu membayangkan sekuntum bunga mulai tumbuh setelah musim yang dingin, ia mendesak keluar dari tanah yang dingin, gelap dan keras, lalu menyembul di atas permukaan tanah dan tumbuh agar dapat kamu lihat?

Ceritakan pada Yesus atau tunjukkan pada-Nya dalam hatimu bagaimana rasanya boleh hidup, merasakan hangatnya matahari yang bersinar atasmu setelah musim hujan yang panjang dan dingin.
Adakah saat-saat di mana kamu merasa hatimu bagaikan ada di suatu tempat yang dingin karena sesuatu yang terjadi dalam hidupmu? Luangkan waktu untuk menceritakan pada Yesus salah satu dari saat-saat tersebut.

Sekarang lihat Yesus menggenggam tanganmu dan menolongmu di saat-saat sulit itu. Tinggallah bersama Yesus dan tunjukkan pada-Nya bagaimana rasa hatimu sekarang ketika kamu tahu bahwa Ia bersamamu.

Pekan Suci, dengan berbagai macam ibadat serta simbol-simbolnya, merupakan waktu yang tepat untuk memperkenalkan anak-anak pada misteri agung wafat dan kebangkitan Kristus. Memasuki Yerusalem pada Hari Minggu Palma dalam suatu arak-arakan, Yesus menunggang seekor keledai, dengan anak-anak bersorak-sorai menyambut-Nya. Anak-anak memang dimaksudkan ada di sana.

Injil tentang Yesus membangkitkan Lazarus dari mati dan memberi penglihatan kepada seorang yang terlahir buta, yang diwartakan dalam Pekan Suci, dapat mengingatkan mereka bahwa Yesus memiliki kuasa untuk mendatangkan kehidupan atas kematian dan terang atas kegelapan.

Sungguh bermanfaat menceritakan kepada mereka kisah sengsara dan kebangkitan secara bersamaan, sehingga mereka dapat mengetahui sengsara-Nya, tetapi kemudian juga mengetahui bahwa Ia bangkit dalam kemenangan dari antara orang mati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar