Ads 468x60px

Sabtu 01 Maret 2014

Hari Biasa Pekan VII
Yak 5:13-20; Mzm 141:1-2.3.8; Mark 10:13-16.

"O res mirabilis- Oh sungguh mengagumkan!" Inilah salah satu penggalan lagu "Panis Angelicus" yang kerap dilantunkan ketika komuni. Yesus sendiri memang sungguh mengagumkan karena Ia selalu menjadi berkat dan berbagi berkat bagi semua, bahkan bagi yg kecil/dikecilkan oleh dunia. Mengacu pada bacaan injil hari ini, para murid Yesus yang kekanak-kanakan ("childish") memarahi orang yang membawa banyak anak kecil ("children") kepada Yesus, tapi sebaliknya Yesus justru memarahi para muridNya dan berkata: "Biarkanlah anak-anak itu datang kepadaKu! Jangan menghalang-halangi mereka karena orang seperti itulah yang empunya Kerajaan Allah." Jelas bahwa Yesus mencintai anak kecil tapi membenci sikap kekanak-kanakan. Adapun 3 sikap baik yang bisa kita buat supaya kita juga bisa belajar menjadi orang beriman yang mengagumkan di mataNya, antara lain :

1."Membawa sesama kepada Yesus": Seperti orang banyak, kita diajak untuk rela dan membawa banyak "anak kecil", yang miskin/tersingkir dan disingkirkan kepada Yesus walaupun banyak hambatan dan tantangan, ditolak dan dihambat. Hal baik ini bisa dimulai dari keluarga dengan membawa anak-anak kita lebih dekat dengan Tuhan secara personal dalam hidup doa maupun secara sosial dalam hidup menggereja.

2."Membuka diri kepada Yesus": Kita diajak untuk menanggalkan sikap kekanak-kanakan ("childish") yang tertutup suka menghambat orang lain, tapi mengenakan hidup sebagai anak-anak ("children") yang terbuka dan suka mengembangkan orang lain di hadapanNya. Dengan kata lain: Yesus menghendaki kita semua juga menjadi gereja yang terbuka, yang tulus hati merangkul dan mengembangkan semua orang terlebih yang kecil dan tidak banyak tersapa, karena lewat sesama-yang kecil inilah, wajah Tuhan juga kerap hadir secara nyata.

3."Meminta berkat dr Yesus": Kita diajak untuk selalu datang dan setia memohon berkatNya dalam segala pergulatan doa dan hidup karya harian kita, karena  kita sadar sebagai anak-anak yang kecil dan lemah, yang pasti membutuhkan penyertaanNya.

"Kalkulus itu ilmu angka - Jadilah orang yang tulus dan berhati terbuka."
Tuhan memberkati + Bunda merestui.

Fiat Lux! (@RomoJostKokoh).
PIN HIK: 752D878C

Tidak ada komentar:

Posting Komentar