Ads 468x60px

Jumat 18 April 2014

JUMAT AGUNG 
Yes 52:13-53:12; Mzm 31:2.6.12-13.15-17.25; Ibr 4:14-16; 5:7-9; Yoh 18:1 - 19:42.

"Veritas - Kebenaran!" Inilah semboyan Universitas Harvard yang terinspirasi dari figur dan tutur Yesus. Jelasnya, Yesus data sebagai VERITAS lewat pengalaman salib yang dikenangkan Gereja pada hari ini. Di "via dolorosa" inilah, “penyakit kita yang ditanggungnya dan kesengsaraan kitalah yang dipikulnya." Menyadari hal ini, marilah kita berusaha untuk menjadi "veritas", tidak lagi merasa sok benar dan membuat banyak ulah yang menyebabkan org lain "tersalibkan", sakit hati/menderita baik secara fisik, hati/perasaannya karena ketamakan-kesombongan dan kepicikan nurani kita. Mengacu pada bacaan injil hari ini, ada 3 ajakanNya, antara lain:


1.Kekeluargaan: “Ibu inilah anakmu, anak inilah ibumu!” (Yo 19:26-27). Wasiat Yesus ini dialamatkan pada ibuNya, Maria dan pada murid yang dikasihiNya. Ia mengajak kita memaknai iman dengan semangat “kekeluargaan”, dimana kita diajak untuk "love for family", mempunyai cinta bagi anggota keluarga ("Family": "Father And Mother I Love You").

2.Kepedulian: “Aku haus!” (Yo 19:28). Tampaklah Yesus membutuhkan cinta kita. Teresa dari Calcutta mengatakan bahwa hausNya tak pernah berkesudahan. Disinilah, Yesus ajak kita untuk memiliki “semangat kepedulian”, karena Yesus jelas hadir lewat sesama  yang "haus": KLMTD/Kecil-Lemah-Miskin-Tersingkir dan Difable (Mat 25:35-45). Bukankah Gereja itu bisa “admiranda sed non amanda”, dikagumi tapi tidak dicintai? Nah, marilah kita menjadi Gereja yang tulus dan terbuka, yang "love for the poor", mencintai orang miskin, lewat perbuatan-ucapan/doa.

3.Kesetiaan: “Sudah selesai” (Yo 19:30). Inilah kalimat terakhirNya di atas salib. Ia setia karena mempunyai cinta pada Bapa, "love for God." Dengan cintaNya, Ia melakukan segala tugas kemesiasanNya dengan utuh dan penuh: "Dengan jalan itu Ia menganugerahkan kepada kita janji-janji yang berharga, supaya olehnya kita boleh mengambil bagian dalam kodrat ilahi" (2 Ptr 1:4).

"Cari tomat di rumah pak camat - Hari jumat ini hari yg penuh rahmat."

Tuhan memberkati + Bunda merestui. Fiat Lux! (@RomoJostKokoh).
PIN HIK: 752D878C.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar