Ads 468x60px

Jumat 25 April 2014

Oktaf Paskah 
Kis 4:1-12; Mzm 118:1-2.4.22-24.25-27a; Yo 21:1-14.   

"Exultate-Bersoraklah!" Inilah salah satu gema pujian di malam paskah yang mengajak kita untuk selalu bersyukur atas kebangkitan Yesus. Adapun kebangkitanNya yang penuh sukacita juga disusul dengan penampakanNya kepada murid-muridNya, termasuk penampakanNya di pantai danau Tiberias yang merupakan penampakan yang ketiga. Adapun keberadaan kota penting Tiberias di salah satu tepi Danau Galilea membuat danau itu dinamai Danau Tiberias (Yoh 21:1) yang berada sekitar 210 mtr dpl, panjang 21 km, lebar 12 km dg kedalaman berkisar 40-50 m. Situasi permukaan air danau itu sama sekali tidak tentu, ada kalanya sangat tenang tapi tiba-tiba bisa muncul gelombang ombak mengamuk karena angin badai yang datang dari pegunungan Hermon. Dalam Kitab Suci Perjanjian Lama, danau Galilea/Tiberias dikenal sebagai "Yam Kinneret" (Ibr: yam =laut/danau”, kinnor=kecapi) karena  bentuk danau itu menyerupai kecapi (Bil 34:11) dan dalam Injil, danau itu disebut Genesaret (Mrk 6:53; Mat 14:34; Luk 5:1). Secara reflektif, mengacu pada penampakan ilahi Yesus pada bacaan ini, terkandung 3 semangat iman, antara lain:


1."Intensitas": Ia tidak hanya sekali muncul, tapi berkali-kali dan intens, dengan membawa pesan perdamaian dan perutusan. Dgn kata lain: Kita juga diajak hadir di gereja tidak hanya "napas nikmat" saja (NAtal PASkah NIKah dan MATi).

2."Intimitas": Ia muncul kepada orang-orang yang "intim", dekat dan percaya padaNya. Kita juga diajak untuk hadir dan bangkit pertama tama mulai dari orang-orang yang ada dan dekat di sekitar kita.

3."Integritas": Yesus membuktikan bahwa diriNya adalah "aplha et omega-awal dan akhir", yang sejati dan abadi, utuh dan penuh, tetap hidup dan tak redup. Kita juga diajak menjadi orang Katolik yang sejati, tidak paruh waktu dan tidak setengah hati.

"Sate Kadir ada di Taman Safari - Tuhan hadir setiap hari."

Tuhan memberkati + Bunda merestui.
Fiat Lux! (@RomoJostKokoh).

PIN HIK: 752D878C. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar