Ads 468x60px

Minggu 27 April 2014

Minggu Paskah II
Minggu Kerahiman Ilahi
Kanonisasi Yohanes Paulus II dan Yohanes XXXIII
Kis 2:42-47; Mzm 118:2-4.13-15.22.24; 1 Pet 1:3-9; Yoh 20:19-31.

"Sadhana - Jalan menuju Tuhan." Inilah salah satu buku yang saya pelajari ketika ada di Seminari Menengah. Adapun bersama kanonisasi Paus Yohanes XXIII dan Paus Yohanes Paulus II, kt juga diajak ber-"sadhana" dengan 3 jalan iman, antara lain:

1."Kedamaian": Sementara pintu-pintu terkunci, Yesus datang dan berdiri di tengah-tengah para murid dan berkata: "Damai sejahtera bagi kamu!" Kedua Paus yang dikanonisasi ini juga selalu menawarkan kedamaian meski sama-sama hidup dalam konteks ketidakdamaian akibat perang. Mereka membuat ruang dialog dengan antar agama, budaya dan orang miskin, demi terciptanya "pacem in terris - damai di bumi."

2."Kekudusan": Ia memberikan kita Roh Kudus: yang menyembuhkan (ruah), yang menguatkan (parakleitos) dan menghangatkan (spiritus). Itu sebabnya juga Paus YP dengan mottonya "Totus Tuus" ("Total untukMu") selalu mengatakan pada setiap "world youth day": "jangan takut menjadi suci."

3."Kerahiman": Hari ini, kita merayakan Pesta Kerahiman Ilahi. Bacaan Injil berbicara tentang Yesus yang hadir di tengah-tengah para murid, trlebih untuk meyakinkan Tomas  ("Tuhan Omong Maka Aku Sadar"). Dengan kerahimanNya, Ia menjadi Allah yang mau "turun", memahami kedegilan Thomas dan tidak langsung menghakmi tapi mengajak Tomas untuk melihat dan mengalami langsung sehingga menjadi orang pertama yang mengakui "kemahakuasaan Allah:

"Ya Tuhan dan Allahku". "Dari Bekasi ke Kalimati - Mari bersaksi sepenuh hati."

Tuhan memberkati + Bunda merestui.
Fiat Lux! (@RomoJostKokoh).

PIN HIK: 752D878C. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar