Ads 468x60px

Sabtu 19 Aprill 2014

SABTU PASKAH
Kej 1:1-2:3; Rom 6:3-11; Mat 28:1-10. 

"Scimus Christum surrexisse a mortuis vere - Kristus sungguh telah bangkit dari antara org mati!" Inilah keyakinan iman yang dirayakan dalam Hari Raya Paskah. Adapun kata Yunani “Pascha” berasal dari bahasa Ibrani, “Pesach” yang artinya: “Paskah” (Passover) yakni melewati. Dengan kata lain: Yesus hadir melewati kematian menuju kebangkitan, melewati penyaliban menuju kemuliaan. 

Mengacu pada bacaan injil malam ini, Paskah bisa berarti: "Perempuan Adalah Saksi Kebangkitan Allah." Bukankah Yesus yang bangkit pertama-tama memilih para perempuan sebagai saksi kebangkitanNya? De facto, dalam tradisi patriarkal, perempuan kerap dianggap sebagai sumber dosa (istilah "hawa nafsu", bukan "adam nafsu). Mereka juga tidak boleh bertanya/berpendapat/mengajar. Mereka dianggap "kelas dua", hanya bisa di sumur-dapur dan kasur, hanya "asah asah-momong bocah-ngumbah ngumbah-jaga omah dan mlumah mlumah. 

Adapun 3 nama mereka adalah: Magdalena (bekas "pelacur" yang kerasukan 7 roh jahat), Maria Kleopas (yang dicap sebagai tukang kawin) dan Maria Salome (janda Zebedeus , ibunya Yakobus dan Yohanes). Bisa jadi, mereka adalah wajah kita semua yang bercela dan tidak sempurna, yang rapuh dan berdosa tapi malahan dipilih Tuhan dengan 3 ajakan dasarNya, antara lain: 

1."Salam bagimu": Inilah kata pertama Yesus pada mereka. Salam dalam bahasa Ibrani dekat dengan "Shalom", yang berarti damai bagimu. Ia bagikan harapan yang penuh kedamaian. 

2."Jangan takut": Ia menguatkan hidup kita supaya tidak takut dan kecut. Ia wartakan iman yang penuh keberanian. 

3."Pergilah ke Galilea": Galilea adalah tempat Ia banyak mengajar dan makan bersama, berkarya dan berjalan bersama para murid. Kita juga diajak mengingat saat-saat bahwa Tuhan bena-benar hidup: Ia dekat dan mengasihi kita. Adapun beberapa lambang khas mitologi Paskah, antara lain: kelinci/kesuburan, telor/kehidupan dan bunga bakung/keindahan. Dengan kata lain: Kita diajak pergi ke "Galilea", ke tengah hidup harian kita dengan selalu setia berbagi kesuburan-kehidupan dan keindahan secara nyata. 

"Cari nafkah di Rawabuaya - Selamat Paskah Alleluia." 

Tuhan memberkati + Bunda merestui. Fiat Lux! 
(@RomoJostKokoh). 

PIN HIK: 752D878C.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar