Ads 468x60px

Selasa 15 April 2014

PEKAN SUCI 
Yes 49:1-6; Mzm 71:1-6ab.15.17; Yoh 13:21-33-38.

"Evangelii Gaudium - Kegembiraan Injili." Inilah ajakan iman supaya kita selalu bersyukur dan bergembira atas setiap "jalan hidup" yang akan kita hadapi termasuk "jalan kematian", seperti yang tampak pada bacaan hari ini ketika Yesus berkata: "Ke tempat Aku pergi, engkau tidak dapat mengikuti Aku sekarang, tapi kelak engkau akan mengikuti Aku." Disinilah, ada 3 permenungan dasar yang bs kita maknai, antara lain:


1."Penuh harapan": Kita diajak menjadi orang beriman yang optimis, dalam pepatah Cina kuno; “kematian adalah keberuntungan”, yah kita beruntung karena dengan kematian, orang dilepaskan dari segala derita dan berpulang menuju tanah air yang akan memuaskan segala kerinduannya.

2."Penuh kesadaran": Filsuf Jerman, Martin Heidegger berkata “human life is being toward death”, hanya dengan berani menerima kematian maka kehidupan itu menjadi sungguh hidup. Itu sebabnya juga seorang filsuf Yunani, Epikuros berkata, “death concern us”. Ya, kematian itu berurusan dengan kita dan kita itu berurusan dengan kematian. Death lives on life, kematian itu sesungguhnya hidup dalam kehidupan bukan? Sadarilah itu!

3."Penuh perjuangan": Kematian kerap datang dan pergi dalam kehidupan yang penuh perjuangan. Tentang hal ini, ajaran kejawen berkata: “pati sajroning urip, urip sajroning pati.” Hidup itu sudah menggendong kematian, hanya dengan demikian, orang boleh hidup dengan berjuang sungguh. Dalam bahasa Masao Abe, pakar Zen-Budhisme: “hidup kita sel menyentuh kematian”. Jadi kematian bukanlah sesuatu yang ada sebagai akhir dari kehidupan tapi datang menyapa kita setiap saat ketika kita mengalami "kehilangan kehilangan kecil".

Nah, dari tiga pemaknaan dasar inilah, kata "mati" bisa berarti "Mohonlah Allah Tambahkan Iman." Sudahkah kita selalu datang dan memohon kekuatan pada Allah?

"Ada taman di Pilangsari - Jadilah orang yang beriman setiap hari."

Tuhan memberkati + Bunda merestui.
Fiat Lux! (@RomoJostKokoh).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar