Ads 468x60px

Senin 14 April 2014

Pekan Suci
Yes 42:1-7; Mzm 27:1-3.13-14; Yoh 12:1-11.

"Oleum catechumenorum - Minyak katekumen/OC"  adalah salah satu minyak yang diberkati Gereja selain minyak untuk orang sakit (OI/oleum infirmorum) dan minyak krisma (SC/sacrum chrisma). Mengacu pada bacaan injil hari ini, Maria mengambil setengah kati minyak narwastu murni untuk meminyaki kaki Yesus. Adapun pelbagai referensi Kitab Suci yang menyatakan pentingnya minyak: Ia digunakan untuk memasak dan membuat roti sebagai bahan makanan pokok (Bil 11:7-9); bahan bakar pelita (Mat 25:1-9); unsur penyembuh dalam pengobatan (Yes 1:6+Luk 10:34). Di samping itu, orang Yahudi mengurapi kepala tamu mereka dengan minyak sebagai ucapan selamat datang (Luk 7:46), memperelok penampilan (Rut 3:3) dan memburat jenazah sebelum dimakamkan (Mrk 16:1). Dalam praktek keagamaan, minyak juga dipakai untuk mempersembahkan kurban (Kel 29:40) dan tugu peringatan (Kej 28:18); menguduskan kemah pertemuan, tabut perjanjian, meja, kandil, mezbah pembakaran ukupan, mezbah korban bakaran dan bejana pembasuhan (Kel 30:26-29). Jelasnya, minyak menjadi bagian dari hidup masyarakat sehari-hari. Adapun kita juga diajak menjadi "minyak yang hidup" dengan 3 ciri, antara lain:

1."Menguatkan": “Engkau mengurapi kepalaku dengan minyak (Maz 23:5) menggambarkan kekuatan dari Tuhan. Atau dalam bahasa Maz 45:8: “Allah telah mengurapimu dengan minyak sebagai tanda kesukaan." Disinilah kita diajak untuk saling menguatkan sesama dalam hidup harian

2."Mengharumkan": Seperti Maria yang mengharumkan Yesus dan seisi rumahnya, kita juga diajak untuk belajar mengharumkan nama Tuhan dan sesama dengan smua ucapan dan tindakan baik kita, tidak malah menyebarkan "bau busuk" dengan bergunjing dan menyebarkan kejelekan orang lain.

3."Menyembuhkan": Yesus yang menggemakan kata Yesaya: “Roh Tuhan ada padaKu oleh sebab Ia telah mengurapi Aku untuk membebaskan orang tawanan-miskin-tertindas..” (Luk 4:18) mengajak kita untuk saling menyembuhkan, menjadi teman dalam kelemahan di tengah dunia yang terluka ini.

"Cari sikat di Taman Sari - Jadilah berkat slalu dan setiap hari."

Tuhan memberkati + Bunda merestui.
Fiat Lux! @RomoJostKokoh.
PIN HIK: 752D878C.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar