Ads 468x60px

Selasa 29 April 2014

Pw. St. Katarina Siena
Kis 4:32-37; Mzm 93:1ab.1cd-2.5; Yoh 3:7b-15.    

"Credo ut inteligam - Saya percaya supaya mengerti." Inilah kalimat St. Agustinus yang menekankan pentingnya dimensi iman yang mendalam, yang sehati sejiwa dengan Allah sendiri, "cor unum et anima una," yang hadir lewat tiga semangat iman lewat tiga tokoh pada bacaan hari ini, antara lain:

1."Simplicitas": Kesederhanaan orang kudus dan pujangga Gereja yang kita kenangkan hari ini mengajak kita mau memaknai "KATARINA"-"KAbarkan cinTA dengan RIang dan sederhaNA". Mengenai orang kudus pelindung negeri Italia dari Ordo Dominikan ini, kita mengutip apa yang ditulis oleh Rhonda Chervin dalam "GREAT SAINTS - GREAT FRIENDS": “Cerita tentang Katarina, meskipun kurang dikenal dibandingkan dengan cerita Fransiskus Asisi adalah cerita yang spektakuler dan pernah semangat. Siapa yang tidak akan merasa takjub membaca tentang seorang perempuan sederhana yang diangkat menjadi seorang Pujangga Gereja, yang tadinya buta huruf sampai diajar membaca  oleh Yesus sendiri?”

2."Komunitas": Barnabas adalah tokoh dalam bacaan 1 yang memiliki arti "anak penghiburan". Ia rela memberikan harta dan ladangnya untuk kepentingan komunitas gereja perdana.

3."Intimitas": Inilah yang diperjuangkan oleh Nikodemus. Namanya yang berarti "bangsa pemenang" ini mengajak kita untuk mau terus mendekat dan menimba pengetahuan dan pengalaman bersama Allah secara personal dan mendalam.

"Ada kuman di Rawabuaya - Baca firman dan jadilah orang yang percaya."

Tuhan memberkati + Bunda merestui.
Fiat Lux! (@RomoJostKokoh).

PIN HIK: 752D878C. 

1 komentar: