Ads 468x60px

Senin 28 April 2014

Hari Biasa Pekan II Paskah
Kis 4:23-31; Mzm 2:1-3.4-7a.7b-9; Yoh 3:1-8. 

"Dominus te cum-Tuhan sertamu!" Inilah yang dialami oleh Nikodemus, seorang pemimpin agama Yahudi dan kaum Farisi. Namanya disebut dalam beberapa tulisan apokrif seperti Injil Nikodemus (Nicodemi Evangelium). Ia juga dianggap sebagai salah satu martir pada abad pertama dan diperingati setiap 3 Agustus sebaga orang yang berhati lurus dan setia. Adapun nama "Nikodemus" berarti: "nikos" ("pemenang") dan "demos" ("rakyat/bangsa") dengan 3 sikap dasarnya, antara lain:


1."Mengetahui Yesus": Nikodemus percaya dan tahu benar bahwa Yesus adalah seorang Guru yang diutus Allah: "Rabi, kami tahu bahwa Engkau datang sebagai guru yang diutus Allah; sebab tidak ada seorangpun yang dapat mengadakan tanda-tanda yang Engkau adakan itu, jika Allah tidak menyertainya."

2."Menjumpai Yesus": Dia ingin bertemu dan bercakap-cakap dengan Yesus. Ia datang pada waktu malam untuk berbicara secara pribadi. Hal ini terjadi pada tahun pertama Yesus memulai pelayanannya dalam rangka perayaan Paskah di Yerusalem. Inti percakapan Yesus dan Nikodemus adalah tentang "lahir kembali" dan "hidup kekal". Sebuah pernyataan terkenal Yesus kepadanya: “Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan AnakNya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepadaNya tidak binasa, melainkan beroleh hidup kekal.”

3."Mencintai Yesus": "Lamentation" (Ratapan atas kematian Kristus) adalah sebuah karya Giotto yang menggambarkan kecintaan Nikodemus. Setelah Yesus mati disalibkan, Yusuf Arimatea meminta kepada Pilatus supaya diperbolehkan menurunkan mayat Yesus dan menguburkannya. Nikodemus juga datang kesitu dan membawa campuran minyak mur dengan minyak gaharu, kira-kira 50 kati beratnya. Mereka mengambil mayat Yesus, mengapaninya dengan kain lenan dan membubuhinya dengan rempah-rempah. Dengan kata lain: Nikodemus adalah orang yang setia mencintai Yesus sampai mati. Bagaimana dengan kita?

"Abdullah berenang bersama Johan -Jadilah kaum pemenang bersama Tuhan."

Tuhan memberkati + Bunda merestui.
Fiat Lux! (@RomoJostKokoh).

PIN HIK: 752D878C.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar