Ads 468x60px

Jumat 09 Mei 2014

Pekan III Paskah 
Kis 9:1-20; Mzm 117:1bc.2; Yoh 6:52-59.         

"Reformatio vitae - Perubahan hidup." Inilah salah satu dimensi iman yang dikenangkan hari ini bahwasannya kita diajak untuk "berubah", lahir kembali sebagai manusia baru setiap harinya.  Ada tiga panggilan dasar kalau kita benar benar ingin ber-"reformatio vitae" setiap harinya, antara lain: 

1."Sang Pewarta": Yesus banyak mengajar di banyak tempat, termasuk di Bait Allah. Ia selalu ber-"informing", memberitakan, seperti kata pemazmur hari ini: "Pergilah+beritakanlah Injil". Kita diajak untuk pergi dan menjadi sang pewarta injil (Yun: "euanggelion": kabar baik/kabar gembira), bukan kabar buruk yang penuh keirian dan kedengkian, gosipan+gunjingan tapi kabar yang penuh ketulusan dan kedamaian. 

2."Sang Pencerah": Ketika banyak orang Yahudi bertengkar dan berselisih, Yesus datang dan berkata: "DagingKu adalah benar-benar makanan dan darahKu adalah benar-benar minuman. Barangsiapa makan dagingKu dan minum darahKu, ia tinggal dalam Aku dan Aku dalam dia." Dengan kata lain: Ia benar-benar ber-"enlightening", mencerahkan hidup banyak orang karena Ia sungguh-sungguh hadir dalam hosti suci dan menjadi "makanan" yang rela dipecah dan dibagi-bagi untuk banyak orang.  

3." Sang Pembebas": Yesus datang membebaskan pelbagai belenggu. Ia ber-"liberating" di tengah hidup harian kita. Pastinya, seperti Paulus yang "jatuh dan buta", di sekitar juga banyak orang yang "jatuh dan buta", yang terbelenggu dosa dan derita, luka dan nestapa, dan disanalah sebenarnya kita diajak dan dipanggil untuk menjadi "sang pewarta", yang meng-horisontal-kan Kerajaan Allah, yang membebaskan banyak orang, dari "keterbutaan" menjadi "keterbukaan", menjadi teman seperjalanan dalam kelemahan. 

"Cari gabah di Taman Sari - Mari berubah stiap hari." 

Tuhan memberkati + Bunda merestui. 
Fiat Lux! (@RomoJostKokoh). 

 PIN HIK: 752D878C. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar