Ads 468x60px

Kamis 08 Mei 2014

Pekan III Paskah 
Kis 8:26-40; Mzm 66:8-9.16-17.20; Yoh 6:44-51. 

 "O res mirabilis - O sungguh mengagumkan." Inilah salah satu ayat dalam lagu "Panis Angelicus" yang bicara banyak soal identitas Yesus sebagai "roti hidup". Adapun, pada bacaan pertama hari ini, Rasul Filipus ("pecinta KUDA, KUat+tak bernoDA"), yang juga belajar menjadi "roti hidup" mengajak kita untuk mempunyai 3 karakteristik ilahi, antara lain: 

1."FIkirkan tujuan": Yesus berkata: "Tidak seorangpun dapat datang kepadaKu jika ia tidak ditarik oleh Bapa yang mengutus Aku" Dengan kata lain: Allah kita adalah Allah yang ber-inisiatif, yang pro-aktif, yang selalu menarik dan menyapa kita, seperti karya Filipus juga diawali dengan sapaan dan tarikan ilahi: "Bangunlah+berangkatlah!" Allah yang proaktif mengajak kita untuk ingat bahwa tujuan hidup kita semata kepada Allah yang mengajak kita untuk selalu "bangun dan berjalan" 

2. LIbatkan iman: Kita diajak untuk menjad orang beriman yang selalu menanggapi sapaan Allah lewat sikap hidup kita secara nyata. Dengan kata lain: Seperti Filipus yang menjadi rasul injil, kita juga diajak mempunyai sikap partisipatif, bersemangat menjadi rasul dan mitra Allah, "co creator" dalam menciptakan "langit+bumi" yang baru lewat doa-ucapan dan tindakan nyata. 

3. PUSatkan perhatian: Seperti Filipus yang terfokus pada Allah, kita juga diajak untuk mempunyai hidup yang terfokus, tidak mudah terombang ambing tapi mempunyai skala prioritas, hidup yang "arthur": terarah dan teratur, yang mempunyai sikap selektif dalam hidup harian sehingga nama Allah selalu dimuliakan dan jiwa sesama turut diselamatkan. 

"Dari Surakarta ke Sukabumi - Mari kita blajar saling mengilhami." 

Tuhan memberkati + Bunda merestui. 
Fiat Lux! (@RomoJostKokoh). 

 PIN HIK: 752D878C.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar