Ads 468x60px

Rabu 07 Mei 2014

"HIK": Rabu 7 Mei 2014
Pekan III Paskah
Kis 8:1b-8; Mzm 66:1-3a.4-5.6-7a; Yoh 6:35-40.

"Deo vindice-Tuhan sebagai pelindung kita!" Inilah motto Konfederasi Amerika yang juga merupakan salah satu pesan pokok hari ini: "Kehendak BapaKu, yaitu supaya setiap orang, yang melihat Anak dan percaya kepadaNya beroleh hidup yang kekal dan supaya Aku membangkitkannya pada akhir zaman." Jelasnya, Tuhan datang sebagai "Sang Pelindung", yang siap dan sigap menjaga dan memperhatikan suka-duka dan pergulat-geliatan setiap orang beriman. Adapun, Ia menjanjikan kehidupan kekal dan kebangkitan jika kita memiliki dua hal yang mendasar, yakni:

1."Melihat Tuhan": Kita diajak untuk selalu datang dan melihat kepadaNya dalam doa dan karya, mengalami perjumpaan, entah lewat perjumpaan personal dalam ruang doa maupun perjumpaan sosial lewat sesama yang kita jumpai setiap harinya. Bukankah tepat kalau Nouwen juga pernah berkata: "Ecce homo et Deus est-Lihatlah manusia dan kamu akan melihat Tuhan!"

2."Percaya pada Tuhan": Percaya kepada Nya identik dengan iman. Dengan kata lain: Kita diajak untuk menjadi orang yang benar benar beriman. Orang dapat mengaku sebagai orang beriman dan tahu banyak tentang iman tapi kadang tidak benar-benar beriman karena mudah kuatir dan getir, berdosa dan tidak dewasa karena hanyut dan larut pada kelekatan dunia yang tak teratur sehingga sulit membiarkan Allah yang berkarya. Disinilah kita diajak untuk menanggalkan kesombongan dan mulai belajar untuk setia tinggal dalam kerendahan hati yang hening (solitude) untuk menemukan kepasrahan dan  kepercayaan sejati kepada Allah karena sejatinya iman adalah dasar dari segala sesuatu yang kita harapkan dan bukti dari segala sesuatu yang tidak kita lihat (Ibr 11:1).

"Ada Johan di Gunung Sahari-Lihatlah kebaikan Tuhan setiap hari."
Tuhan memberkati + Bunda merestui. Fiat Lux! (@RomoJostKokoh).

PIN HIK: 752D878C.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar