Ads 468x60px

Kamis 29 Mei 2014

HR Kenaikan Tuhan
Kis 1:1-11   Mzm 47:2-3.6-3.8-9 Ef 1:17-23 Mat 28:16-20

"Ite-Pergilah!" Inilah seruan Yesus ketika Ia naik terangkat ke surga. Hal inilah yang terjadi pada hari ke-40 setelah paskah dan sekaligus 10 hari sebelum pentakosta yang kerap disebut sebagai "Ulang Tahun Gereja." Bukit Zaitun adalah tempat Yesus yang naik ke surga+mengutus para rasulNya ke seluruh dunia untuk menyampaikan Kabar Gembira kepada segala bangsa: ”Roh Kudus akan turun ke atas kamu, dan kamu akan  menjadi saksiKu di Yerusalem dan Yudea, Samaria dan sampai ke ujung bumi(Kis 1:8). Dengan kata lain: Ia mengajak kita untuk menjadi "saksi", pergi+menjadikan semua bangsa muridNya dengan 3 kalimat peneguhanNya yang bisa kita maknai, antara lain:


1."KepadaKu telah diberikan segala kuasa di surga dan di bumi": Ia menjadi "raja" yang punya kuasa kini dan nanti, di bumi dan di surga.

2."Baptislah mereka dalam nama Bapa dan Putera dan Roh Kudus dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu": Ia tidak hanya menjadi raja tapi juga sekaligus menjadi "guru" yang mengajarkan dan mencerahkan banyak orang dengan sabda dan kuasaNya. Menyitir kata St Petrus bahwa: "tidak ada nama lain yg diberikan kepada manusia yg olehnya kita dapat diselamatkan” (Kis 4:12).

3."Aku menyertai kamu senantiasa sampai akhir jaman": Ia tidak hanya guru dan raja tapi Ia hadir sebagai sahabat yang hangat. Ia menjadi "Imanuel" di Betlehem pada masa Natal dan sebagai "Alpha et Omega" di Yerusalem pada masa Paskah. Hal ini menandakan bahwa penyertaan ilahi selalu setia untuk hadir dan mengalir di balik setiap peristiwa hidup harian.

"Makan iga di Singosari - Ciptakanlah surga setiap hari."

Tuhan memberkati + Bunda merestui.
Fiat Lux! (@RomoJostKokoh).

PIN HIK: 752D878C  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar