Ads 468x60px

Senin 19 Mei 2014

Pekan V Paskah:
Kis 14:5-18; Mzm 115:1-2.3-4.15-16; Yoh 14:21-26.

"Veni sancte spiritu - Datanglah Ya Roh Kudus!" Inilah harapan iman kita bahwa Roh Kudus (Ibrani: "Ruah"/Penyembuh, Yunani: "Parakleitos"/Penghibur, Latin: "Spiritus"/Api) akan selalu hadir dan menyertai hidup harian kita. Adapun berkat Roh Kudus, para rasul yang tadinya takut menjadi berani (Kis 2:14-36), yang tadinya pecundang menjadi pahlawan sehingga banyak orang menjadi percaya kepada Kristus (Kis 2:37-40) dan terbentuklah persekutuan jemaat Gereja perdana (Kis 2:41-47).


Mengacu pada eklesiologi gereja, dalam Syahadat Iman dikatakan: “Aku percaya akan Roh Kudus”. Kita diajak untuk meyakini adanya Roh Kudus yang dalam pengertian dan pengartian Kitab Suci Perjanjian Lama mempunyai tiga arti, "qadosy": 'bersifat kudus/khusus' (Kel 29:31); "ruakh elohim", 'Roh Allah, Nafas Allah, Angin Allah; "ruakh qadosy, 'Roh Kudus' (Kej 1:2; Yeh 37:1-14; Yun 1:4; Zak 4:6).

Menegaskan keyakinan imani ini, St. Ambrosius dalam De Mysteriis mengajarkan: “Engkau harus ingat bahwa engkau telah menerima pemeteraian oleh Roh: roh kebijaksanaan dan pengetahuan, roh nasihat dan kekuatan, roh pengertian dan kesalehan, roh takut akan Allah dan peliharalah apa yang telah engkau terima. Allah Bapa telah memeteraikan engkau, Kristus Tuhan telah menguatkan engkau dan memberikan jaminan Roh dalam hatimu” (7,42).

Disinilah, kita diajak untuk memelihara Roh Kudus yang dalam Katekismus Gereja Katolik nomor 1831 dikatakan bahwa “Roh Kudus itu di utus ke seluruh Bumi, supaya menolong orang percaya tetap hidup baik.” Dengan kata lain: Sebenarnya, kalau Roh Kudus itu turun dan diam di dalam diri kita, maka tentu tidak hanya berhenti pada maraknya bahasa roh akan tetapi terpancar dalam kehidupan harian kita, yaitu Ruah Hokema/Roh Hikmat, Ruah Bin'ah/Roh Pengertian, Ruah Etsa/Roh Nasehat, Ruah Geburah/Roh Keperkasaan, Ruah Yahweh Yir'et/Roh Takut akan Tuhan, serta Ruah Yahweh Da'at/Roh Pengenalan akan Tuhan, serta juga Roh Kesalehan (Bdk: Yesaya 11:12). Bagaimana dengan kita sendiri?

"Cari kardus di Sukabumi - Roh Kudus penuhilah hati kami."

Tuhan memberkati + Bunda merestui.
Fiat Lux! @RomoJostKokoh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar