Ads 468x60px

Jumat 20 Juni 2014

Hari Biasa Pekan XI
2 Raj 11:1-4.9-18.20 Mzm 132:11.12.13-14.17-18 Mat 6:19-23   

"Aggiornamento - Membuka jendela." Inilah kata kunci selama "Vaticanum Secundum" (KV II). Hal ini menandakan semangat "membuka mata" untuk "up to date", berhari kini dan disini ("hic et nunc"). Yang pasti, dengan semangat "membuka mata", kita diajak menjadi orang beriman yang selalu berangkat dari "keterbutaan" menuju "keterbukaan", mengacu pada pesan ilahi hari ini: "Mata adalah pelita tubuh. Jika matamu baik, teranglah seluruh tubuhmu; jika matamu jahat, gelaplah seluruh tubuhmu." Adapun 3 mata yang kita milikidan maknai, antara lain:


1."Mata indrawi": Inilah cara pandang fisik dengan sepasang mata kita, kita bisa terbuka untuk melihat segala pengalaman dan pandangan secara jelas-cerdas-lugas dan skaligus kasat mata, tidak terbutakan oleh sentimen pribadi.

2."Mata nurani": Orang kerap mengatakan bahwa mata adalah jendela hati, bahkan untuk membuktikan kebenaran, ada orang yang mengatakan bahwa jgn dengar kata2nya tp lihat gerakan matanya, karena kerap mata bicara banyak daripada mulut. Dengan kata lain: Kita diajak untuk selalu mengikutkan dimensi perasaan dalam memaknai dan menilai setiap pengalaman secara lebih mendalam.

3."Mata imani": Inilah mata yang sangat kita perlukan dalam memaknai setiap pengalaman hidup harian, kita diajak belajar untuk melihat adanya rencana dan karya penyelenggaraan ilahi di balik setiap peristiwa, entah baik/buruk, sukses/gagal. Dengan kata lain: Mata imani membuat kita hidup lebih positif, lebih terang dan terbuka pada "the others", pada agama dan budaya, sesama dan semesta sehingga kita semakin juga menjadi terang bagi sesama setiap harinya, tidak mudah takut dan kuatir, tidak mudah resah dan gelisah.

"Dari Tangerang ke Taman Sari -Jadilah terang setiap hari."

Tuhan memberkati + Bunda merestui.
Fiat Lux! (@RomoJostKokoh).

PIN HIK: 752D878C

Tidak ada komentar:

Posting Komentar