Ads 468x60px

Sabtu 21 Juni 2014

Pw. St. Aloysius Gonzaga 2 Taw 24:17-25; Mzm 89:4-5.29-30.31-32.33-34; Mat 6:24-34

"Carpe Diem-Reguklah hari ini!" Inilah salah satu seruan orang Romawi yang saya jadikan salah satu judul trilogi dan tetralogi buku saya. Harapannya adalah agar orang mensyukuri hari ini dan disini, tidak terlalu terkungkung pada beban masa lalu sekaligus tidak terlalu risau akan masa depan. Satu pesan ilahi yang bisa kita ingat hari ini supaya kita semakin bijaksana: "Carilah dahulu Kerajaan Allah dan kebenarannya, maka semuanya itu akan ditambahkan kepadamu. Sebab itu janganlah kalian kuatir akan hari esok, karena hari esok mempunyai kesusahannya sendiri." Dengan kata lain: kita disadarkan bahwa Tuhan selalu memelihara, menjamin dan mencukupi kebutuhan kita. Deus providebit-Tuhan lah yang menyelenggarakannya. De facto, ada saja orang yang mudah resah-gelisah, takut dan kecut akan hidupnya, akan kesehatan dan akan masa depannya sehing lupa "menikmati" hari ini dengan penuh rasa syukur.


Adapun tiga sikap dasar supaya kita lebih bisa "mereguk hari" ini dengan penuh syukur, antara lain:
1."Sadar diri": Kita diajak untuk selalu hidup dalam kesadaran awal bahwa kita adalah anak Allah, yang selalu dipelihara dan disertaiNya, yang menjadi milikNya sehingga hidup dan mati kita adalah milikNya semata, lebih iklas dan optimis karena merasa tidak pernah sendirian.

2."Mawas diri": Karena adanya banyak rintangan dan hambatan, kita diajak untuk ber-mawas diri, selalu berhati-hati dan menjaga diri secara seimbang, tidak hanyut dan larut dalam arus duniawi yang selalu menomor-satukan materi/hal hal indrawi tapi mengenali kekuatan sekaligus kelemahan diri secara reflektif.

3."Sepenuh diri": Kita diajak untuk hidup optimal, penuh dengan semangat dan sahabat untuk selalu menciptakan "surga di bumi" dengan total, utuh-penuh dan menyeluruh, sebab Kerajaan Allah bukanlah soal makanan dan minuman, tetapi soal kebenaran, damai sejahtera dan sukacita oleh roh Kudus" (Rm 14:17), bukan?

"Dari Salatiga ke Stasiun Turi -Ciptakanlah surga setiap hari."

Tuhan memberkati + Bunda merestui.
Fiat Lux! (@RomoJostKokoh).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar