Ads 468x60px

Minggu 22 Juni 2014

Hari Raya Tubuh dan Darah Kristus
Ul 8:2-3.14b-16aMzm 147:12-13.14-15.19-201 Kor 10:16-17Yoh 6:51-58

"Panis caelicus - Roti dari surga". Inilah salah satu identitas ilahi yang diwartakan hari ini: "TubuhKu benar-benar makanan, DarahKu benar-benar minuman." Yesus hadir sebagai "roti hidup" yang benar-benar makanan dan minuman, yang benar-benar dipilih - diberkati - dipecah serta dibagi bagi untuk kita. Dengan kata lain: Ia selalu menyediakan makanan dan minuman bagi kita (bdk. Kej 1:29-30). Inilah yang selalu kita kenangkan juga dalam setiap perayaan misa/ekaristi (Elok KARena kRIStus ada di haTI) bahwa kitapun juga dipanggil untuk menjadi "makanan" yang siap mengalami empat dimensi, "dipilih diberkati dipecah dandibagi-bagi di tengah dunia yang penuh dengan aneka ria kelaparan. Adapun pada HR Tubuh dan Darah ini, di banyak gereja juga diadakan acara penerimaan komuni pertama yang juga bisa kita maknai sebagai semangat "komuni", antara lain:

1."KObarkan iman": Kita diajak semakin siap untuk mewartakan iman dengan bersemangat sebagai buah dari penerimaan sakramen ekaristi, dimana Tuhan sungguh-sungguh hadir untuk kita.

2."MUliakan Tuhan": Sadar akan berlimpahnya kasih Tuhan untuk kita, kitapun juga diajak untuk selalu memuliakan Tuhan dengan sikap hati dan hidup yang pantas, karena bukankah apa yang kita persembahkan di altar juga harus kita bawa dalam pergulatan pasar kehidupan kita setiap harinya?

3."Mari kita mengimaNI": Inilah pemaknaan yang terus menerus bahwa kita diajak melihat dengan mata iman bahwa Tuhan bena-benar hadir dan menjadi makanan buat kita. Dengan iman, kita diyakinkan bhw Tuhan rela menjadi "hosti" (korban) untuk kita. Bagaimana dengan kita sendiri?

"Dari Pati sampai Kramat Jatii-Hayatilah ekaristi sepenuh hati."
Tuhan memberkati + Bunda merestui.
Fiat Lux! (@RomoJostKokoh).

PIN HIK: 752D878C.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar