Ads 468x60px

Minggu 01 Juni 2014


Minggu Paskah VII
Hari Minggu Komunikasi Sedunia 
Novena Roh Kudus ke-3
Kis 1:12-14 Mzm 47:2-3.6-3.8-9; Ptr 4:13-16; Yoh 17:1-11a

"Homo est anima loquens - Manusia adalah makhluk yang berkomunikasi." Inilah salah satu paham dasar dalam filsafat manusia bahwa hidup kita tak lepas dari pelbagai alat/media dan tindakan/praksis komunikasi. Bersama dengan Hari KOMSOS Sedunia yang kita kenangkan di awal bulan ini yang juga merupakan hari lahirnya Pancasila, baiklah kita mengingat bahwa "komunikasi" berasal dari kata "communicare" yang berarti "berbagi", "sosial" berasal dari kata "socius/social" yang berarti bersahabat. Dengan kata laiin: Kita diajak menjadi orang Katolik yang siap berbagi dan bersahabat, seperti Yesus kepada semua orang, lintas bahasa dan bangsa, budaya dan agama.



Adapun pancasila iman "KLMTD" sebagai orang yang siap berbagi dan bersahabat, antara lain:

1."Kenali Tuhan": Kita diajak untuk terus mengenal Allah sebagai satu-satunya Allah yang benar. Kata "mengenal" dalam teks ini diterjemahkan dari kata Yunani "γινωσκωσιν" (ginôskôsin) yang diturunkan dari kata "γινωσκω" (ginôskô), "mengetahui dan mengenal berdasarkan pengalaman pribadi.

2."Layani sesama": Kita diajak menjadi media komunikasi Allah kepada semua orang dengan pelbagai karya pelayanan nyata setiap hari.

3."Miliki iman": Kita diajak hidup lebih mendalam dengan selalu memaknai dan menghidupi peristiwa harian dalam kacamata iman.

4."Terbuka hatinya". Kita diajak menjadi "katolik", ("terbuka") pada sesama-semesta dan sejarah, siap berdialog dengan semuanya tanpa mudah bergunjing/men-cap buruk yang lain. 5."Damai hidupnya": Inilah perjuangan yang harus terus-menerus, bljar untuk ber-positif, dari "marah" menjadi "ramah", dari "malas" menjadi "salam", dari "berantem" menjadi "berteman", dari "capek" menjadi "cakep, dll.

"Makan nasi pakai ikan teri - Mari berkomunikasi setiap hari."

Tuhan memberkati + Bunda merestui.
Fiat Lux! (@RomoJostKokoh)

PIN HIK: 752D878C.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar