Ads 468x60px

Rabu 09 Juli 2014

Hari Biasa Pekan XIV
Hos 10:1-3.7-8.12;Mzm 105:2-3.4-5.6-7;Mat 10:1-7

"Vox - Suara!" Inilah yang marak - bergerak terjadi pada hari ini ketika sebagian besar rakyat NKRI memberikan suaranya dalam pemilihan presiden RI yang ke-7 di acara pesta demokrasi hari ini demi kesejahteraan bersama, "bonum commune".

Mengacu pada bacaan injil hari ini, Yesus juga memberikan "suara" dan memilih 12 rasul perdana untuk berjalan bersamaNya. Secara singkat, ada tiga sikap mendasar yang bisa kita ingat dan buat sebagai umat pilihan ("PIkirkan tujuan-LIbatkan iman-HANdalkan Tuhan"), antara lain:


1."Jujur": Ia menjadi orang yang tulus, tidak sekedar mengumbar janji tapi memberikan bukti. Ia tidak mempunyai hidden agenda atau semacam "udang di balik batu". Proyeknya jelas, semata-mata demi Kerajaan Allah, bukan semata kekuasaan/ketenaran diri.

2."Merakyat": Ia hadir di tengah umat, tidak eksklusif tapi dekat dan hangat, terbuka pada suka duka umatnya. Ia benar-benar mengenal "bau dan aroma" dunia harian sesamanya. Ia bahkan juga mengajak pergi kepada "domba-domba yang hilang", yang tersingkirkan karena kemiskinan/kedosaan. Semangat kerakyatannya berciri universal, tidak terbatas sekat kelompok/golongan.

3."Sederhana": Ia memilih para muridNya dari orang-orang yang sederhana, yang datang dari Galilea yang juga sederhana karena Ia juga datang sebagai Tuhan yang sderhana, di tempat yg bnr2 sederhana. Jelasnya, semangat hidup kesederhanaan adalah salah satu keutamaan yang diwartakanNya karena hal inilah yang membuat kita semakin mudah mengalami penyelenggaraan ilahi dan sekaligus semakin mudah dibentuk oleh Allah di tengah dunia yang sarat akan kemewahan dan glamorisme indrawi yang berlebihan.

"Burung tekukur punyanya mas Johan - Kita bersyukur jadi umat pilihannya Tuhan."

Tuhan memberkati + Bunda merestui.
Fiat Lux! (@RomoJostKokoh).

PIN HIK: 752D878C.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar