Ads 468x60px

Selasa 01 Juli 2014

Hari Biasa Pekan XIII
Am 3:1-8; 4:11-12;Mzm 5:5-6.7.8;Mat 8:23-27 

"Dominus te cum - Tuhan sertamu." Inilah sepenggal kalimat dalam doa Salam Maria yang kerap kita daraskan, terlebih ketika takut dan kecut, resah dan gelisah menghadapi aneka "badai" kehidupan. Adapun hari ini, Yesus menghardik dan menenangkan angin/badai di danau Galilea. Inilah mukjizat yang ke-5 dalam Injil Yohanes yang berawal di Kana (Yoh 2) dan berakhir di Betania (Yoh 11). Bicara soal rasa takut, inilah pengalaman khas manusiawi karena banyak orang pernah mengalaminya: takut gelap, takut mayat, takut hantu, takut mati, takut masa depan, takut jenis binatang tertentu dll. 

Dalam Injil hari ini, para murid takut binasa karena perahu yang mereka tumpangi diombang-ambingkan gelombang badai yang besar. Adapun 3 ungkapan jawa yang kerap saya ingat supaya kita tidak mudah takut, antara lain:

1."Gusti ora sare": Tuhan tidak tidur. Ia tidak pernah meninggalkan kita. Lihatlah kata "taKut", bukankah ada "K" di tengahnya, yakni Kristus. Ia selalu ada di tengah tawa tangis kita, suka dan duka kita. 

2."Berkah Dalem": Inilah sebuah inkulturasi dari bahasa latin, "Deo Gratias" yang bisa diartikan secara sederhana sebagai "Tuhan memberkati." Kita diyakinkan bahwa Ia selalu hadir memberikan berkat (gratia – grace - gratis) secara cuma-cuma kepada kita. Bukankah dalam alkitab kerap diwartakan ada "365" kata "jangan takut"? Dengan kata lain: Bukankah setiap hari Tuhan selalu memberkati kita dengan keberanian dan harapan iman? 

3."Manunggaling kawula Gusti": Bersatunya Tuhan dengan manusia. Tuhan kita adalah Tuhan yang selalu turun tangan, mau bersatu dan terlibat dalam suka-duka dan keprihatinan hidup harian kita. Ia adalah Tuhan yang mengerti jerih payah dan jerit tangis kita. Ia tidak tinggal di awang awang tapi selalu menjadi sahabat seperjalanan kitam Dan, bukankah dalam kata "takut", ada T di awal dan di akhir, yang bisa diartikan sebagai "Tuhan"?

"Makan bakut di stasiun Koja - Jangan takut percaya saja!" 

Tuhan memberkati + Bunda merestui.
Fiat Lux! (@RomoJostKokoh).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar