Ads 468x60px

Selasa 29 Juli 2014

Pw St. Marta
Yer 14:17-22; Yoh 11:19-27 / Luk 10:38-42

"Fides et ratio - Iman & akal budi." Inilah salah satu surat kepausan yang menandakan kaitan erat/"dia.lo.gue" antara proses iman dan akal budi dalam memperingati St Marta yang kerap mewakili dimensi "aktif" dan melengkapi dimensi "kontemplatif" Maria.  Mereka memang adalah "socius dei-sahabat ilahi", beberapa kali Yesus singgah di rumah mereka, entah sekedar mampir (Luk 10:38) atau khusus untuk datang (Yoh 11:7).

Nah bersama dengan teladan para sahabat Yesus dari Betania ini dan secara khusus, Marta (Ibr: "Ibu") yang  dikasihi Yesus (Yoh 11:5; Yoh 11:3), kita mendapatkan 3 dimensi iman dari 3 ucapan dialogis Marta kepada Yesus ketika Lazarus adiknya meninggal dunia, antara lain:

1. Penyadaran: "Tuhan sekiranya Engkau di sini, (aku SADAR) saudaraku pasti tidak mati." Inilah sebuah tahap "KONSIENTISASI/kesadaran" karena Marta sadar tentang apa yang sedang dihadapi dan siapa yang dijumpai. Ia tidak larut-hanyut dalam dukacita berkepanjangan sehingga benar-benar hidup sebagai orang beriman yang penuh kesadaran dalam harapan akan penyelenggaraan ilahi.

2.Pemahaman: "Aku TAHU" bahwa Allah akan memberikan kepadaMu segala sesuatu yang Engkau minta kepadaNya". Marta mulai menggunakan dimensi kognisi/akal budinya, "KOMPETENSI"/pemahamannya terhadap figur Yesus. Dengan kata lain: Ia tidak cuma "sadar" tapi "tahu" bahwa Yesus sungguh hadir sebagai "Sang Kebangkitan dan Kehidupan."

3.Penyerahan: "Ya Tuhan aku "PERCAYA" bahwa Engkaulah Mesias Anak Allah." Inilah puncak iman Marta yang tidak hanya disadari atau dipahami tapi benar-benar diyakini. Keyakinan inilah yang kerap disebut sebagai tahapan "INTERNALISASI", semacam pembatinan sehingga bisa berpasrah sepenuh hati kepada kerahiman ilahi dan sekaligus membuat Yesus berkenan mengadakan mukjizatNya. Pengakuan iman Marta bahwa Yesus adalah Anak Allah sekaligus juga sungguh menyatakan penyerahan diri kepada yang ilahi.

"Naik kereta ke Surabaya - St Marta doakanlah kami semuanya."

Tuhan memberkati + Bunda merestui.
Fiat Lux! (@RomoJostKokoh).

PIN HIK: 752D878C

Tidak ada komentar:

Posting Komentar