Ads 468x60px

Selasa, 8 Juli 2014

Pekan XIV
Hos 8:4-7.11-13; Mzm 115:3-4.5-6.7ab-8.9-10; Mat 9:32-38 

"Pastor Bonus-Gembala Baik." Pernyataan dan bahasa Yesus hari ini mengajak kita juga untuk selalu belajar menjadi gembala baik dan "berbahasa gembala" lewat "KUD", Karya -Ucapan dan Doa yang penuh belaskasih. Adapun tiga "bahasa gembala" yang diwartakanNya secara real dan aktual, antara lain: 

1."Blusukan": Yesus berkeliling ke semua kota dan desa; Ia mengajar dalam rumah-rumah ibadat dan mewartakan Injil Kerajaan Surga serta melenyapkan segala penyakit dan kelemahan" (Mat 9:35). Ia menjadi Tuhan yang "prodia", "PROaktif-DInamis + Aktif". Ia adalah figur gembala yang merakyat, "down to earth", mau pergi keluar, mengunjungi dan selalu mengilhami. Sudahkah kita juga terbuka, mengunjungi yang lain, terlebih yang tua dan sakit, yang kecil dan tersingkir?

2."Berbelaskasihan": Ketika Yesus melihat yang bisu, ia menyembuhkannya dan ketika melihat orang banyak yang seakan terlantar, tergeraklah hatiNya oleh belas kasihan. Ya, Ia adalah Tuhan yang kaya akan belaskasihan-"dives in misericordia", karena sebenarnya belas kasih adalah dasar dari seluruh "bahasa gembala", yang tidak klise dan basa basi. Belaskasihannya adalah nyata dan penuh cinta: "Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan AnakNya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepadaNya tidak binasa, melainkan beroleh hidup kekal."(Yoh 3:16). Sudahkah kita juga murah hati dan berbelaskasihan kepada sesama?

3."Berkesadaran": Ia hadir sebagai Gembala Baik, yang bukan hanya punya "compassion/kerahiman" dan "competence/kecakapan", tapi juga Tuhan yang punya "conscience/kesadaran". Dengan modal "S3" tadilah, Ia menjadi Gembala Baik yang "tanggap zaman" karena sadar akan dunia skitarnya dan aneka tantangan global yang menyertainya: "Tuaian memang banyak tapi pekerjanya sedikit." Ia juga mengajak kita ikut berpartisipasi dalam menyebarkan kerajaan. Sudahkah kita sepenuhnya sadar akan tugas perutusan yang diberikanNya lewat ruwet renteng hidup harian kita?

"Cari sikat di Kalisari-Jadilah berkat setiap hari."

Tuhan memberkati+Bunda mrestui.
Fiat Lux! (@RomoJostKokoh).


PIN HIK: 752D878C.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar