Ads 468x60px

Senin 7 Juli 2014

Hos. 2:13,14b-15,18-19; Mzm. 145:2-3,4-5,6-7,8-9; Mat. 9:18-26.
"Medicus curat sed Deus sanat- Dokter mengobati tapi Tuhan yang menyembuhkan." Inilah sebuah kalimat yang saya ingat ketika mengunjungi umat di beberapa rumah sakit/penjara. Pastinya, banyak orang pernah mengalami sakit/terluka, inilah pengalaman khas insani yang disebabkan karena faktor tidak seimbangnya dimensi fisik/psikis dll, karena faktor hyper/kelebihan atau hypo/kekurangan, karena virus/bakteri atau karena diri sendiri/orang lain. Mengacu pada bacaan injil hari ini, adalah seorang ibu yang mengalami pendarahan selama 12 thn. Bisa jadi, ia mengalami banyak pergulatan dan kesedihan. Ada masa-masa penuh harapan tapi pasti juga ada banyak masa yang penuh kesendirian dan keputus-asaan karena penyakitnya tak kunjung sembuh. Syukurlah, ia selalu terus berharap, "dum spiro spero-aku berharap selagi aku masih bernafas!" Ia tak larut dalam kesedihan dan kekuatiran yang berkepanjangan tapi terus berjuang.


Adapun tiga pesan dasar yang bisa kita maknai supaya kita disembuhkanNya, antara lain:
1. "Asal kujamah saja jubahNya, aku akan sembuh": Hidupnya dipenuhi dengan harapan dan kepercayaan yang mendalam bahwa Yesus benar-benar datang sebagai tabib sejati, "healer" yang menyembuhkan. Ia tidak pesimis dan berputus asa tapi bersikap optimis bahwa akan selalu ada "inner healing", penyembuhan alami kalau ia selalu "datang dan menjamah" Tuhan serta memohon kerahimanNya.
2."Teguhkanlah hatimu, hai anakKu": Yesus selalu hadir untuk meneguhkan orang yang datang kepadaNya. Kata-katanya penuh penghiburan bagi setiap orang yang disapaNya sebagai "anak" Dengan kata lain: Ia hadir sebagai "bapa" yang hangat dan dekat dengan gulat geliat hidup harian kita.
3."Imanmu telah menyelamatkan engkau": Yesus mengingatkan kita bahwa obat mujarab untuk syalom/keselamatan kita adalah obat "iman", yang didasari kepercayaan dasar bahwa semuanya ini milik Allah dan akan kembali pada Allah. Lihatlah kata "sakit" yang berarti "Saat Aku Kuatir Ingatlah Tuhan." Indah bukan, jika semua hal kita maknai dlm kacamata iman?
"Dari Efesus ke Miami - Tuhan Yesus sembuhkanlah kami."
Tuhan memberkati + Bunda merestui.
Fiat Lux! (@RomoJostKokoh).
PIN HIK: 752D878C.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar