Ads 468x60px

Senin 21 Juli 2014

Pekan XVI 
Mik 6:1-4.6-8; Mat 12:38-42 

 "Animal symbolicum-Makhluk penanda." Yah, selain sebagai "animal rationale", manusia juga kerap disebut sebagai makluk yang penuh dengan tanda. Bicara soal "tanda", ada banyak tanda di hidup kita: STNK-STTB-KTP, tanda baca-tanda mata-tanda cinta-tanda tangan dll. Hari inipun, orang-orang Yahudi dan Farisi meminta "tanda" pada Yesus: "Guru, kami ingin melihat suatu tanda daripadaMu" (Mat 12:38). Sebenarnya, sudah banyak "tanda" yang dibuat oleh Yesus tapi karena hati mereka tertutup oleh iri dan dengki, maka mereka tidak peka melihatNya. Itulah sebabnya, "tanda" sebenarnya punya ajakan yang indah yakni "Tempat Aku Nampakkan Damai Allah." 


Di lain matra, bukankah Tuhan sudah banyak memberikan tanda cinta yang penuh kedamaian kepada kita, lewat pelbagai "rahmat dan mukjizat" setiap harinya: akan sahabat yang meneguhkan, akan hari baru yang menyegarkan, akan kesehatan yang membahagiakan dan akan pelbagai kenangan dan "keindahan kecil" yang boleh kita alami dan syukuri. Mengacu pada pesan hari ini, Nabi Mikha (Mik 6:8) mengajak kita menjadi "TANDA -TempAt Nampakkan Damai Allah", dengan 3 poros sikap dasar "KRS", antara lain: 

1. Keadilan: Bersikap positif dan sportif, bekerja sesuai hati nurani, menghargai hakd an kewajiban, tidak menjadi "parasit", merampas hak orang lain, mengorbankan dan merugikan hidup orang lain demi kepentingan sendiri. 

2.Rendah hati: Dalam bahasa latin, "humilitas" dari kata dasar "humus", yakni lapisan tanah yang mempunyai dua ciri: tidak menonjolkan diri sendiri dan selalu bisa menyuburkan hidup yang lain, mudah memahami tidak mudah menghakimi, sedikit berkata tapi banyak berbuat. 

3.Setia: Dalam bahasa Inggris, "faithfulness", yang mengandaikan konsistensi iman karena "setia" juga bisa berarti sebuah ajakan loyalitas untuk "Slalu Taat dan Ingat Allah." Pastinya, dengan rahmat kerahimanNya, semoga "KRS" boleh selalu hadir dalam hidup kita setiap harinya. 

"Naik kuda di Pasar ikan - Jadilah tanda yang penuh kebaikan." 

Tuhan memberkati + Bunda merestui. 
Fiat Lux! (@RomoJostKokoh). 

PIN HIK: 752D878C

Tidak ada komentar:

Posting Komentar