Ads 468x60px

Cantik Itu Bagaimana?


Jawabannya selalu sama: Cantik itu dari luar dan dari dalam. Kalau cuma dari luar? Tidak cantik. Kalau cuma dari dalam? Masih cantik. Pilih yang mana? Kalau boleh sih ... keduanya! Cantik itu obyektif atau subyektif? Kalau melihat kerumunan orang banyak atau foto orang banyak, kita bisa menunjuk: Yang ini, dan ini, dan ini cantik... Seperti bintang film atau foto model untuk reklame sabun, dll. Jadi ada ukuran obyektif. 

Tapi ada juga ungkapan-ungkapan seperti ini yang menjadikan cantik itu subyektif: Beauty is in the eyes of the beholder. Kecantikan ada di mata orang yang memandangnya. You don’t love a woman because she is beautiful; she is beautiful because you love her. Anda tidak mengasihi seorang perempuan karena ia cantik; ia cantik karena anda mencintainya.

Anda pasti mengenal Ibu Teresa dari Kalkuta. Wanita tua dan keriput. Bagi orang-orang miskin India yang mengalami sentuhan kasihnya dialah wanita paling cantik di dunia. 

Apa yang menjadikan seseorang cantik dari dalam?

Upik: Ma, hari ini Mama cantiiik deh!
Mama: Loh, kenapa?
Upik: Habis, Mama hari ini tidak marah-marah. 

Ilona tinggal di Smoky Mountain, Quezon City, sebuah gunung berupa tumpukan sampah yang terus berasap karena dibakar. Di dekatnya ada perkampungan pemulung, rapi dan bersih, tidak seperti di Indonesia. Ketika saya masuk ke dalam rumahnya, ia sedang menyapu. Saat dia menoleh, saya terpesona oleh wajahnya yang cantik berseri, secantik namanya. Sekaligus saya terperanjat, sebab ternyata lengannya cuma sebatas siku. “Ilona is beautiful because she’s happy,” kata tuan rumah kepada saya. 

Seorang pastor muda (35 th) ketika ditanya siapa wanita paling cantik dalam hidupnya, kontan menjawab, “Ibu saya!” Katanya, “Dulu, sebelum saya lahir, ibu saya lebih cantik. Itu yang nampak di foto. Tapi di mata saya kecantikan ibu tidak menjadi pudar, malah ia semakin cantik saja. Ibu tumbuh secara rohani. Ia makin sabar, makin pasrah, makin lembut, makin penuh pengertian, makin ramah. Pokoknya makin suci, makin dekat Tuhan. Itu yang membuat dia makin cantik.”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar