Ads 468x60px

Kamis 28 Agustus 2014

PW.St. Agustinus
1 Kor. 1:1-9; Mat. 24:42-51

"Tolle et legge - Ambil dan bacalah!" Inilah seruan khas yang lekat dengan St Agustinus yang kita kenangkan hari ini. Agustinus Hippo ("Yang tahu banyak") yang terlahir 13 November 354 dan meninggal pada 28 Agustus 430 adalah seorang santo dan doktor Gereja serta diakui sebagai salah satu tokoh terpenting dalam perkembangan Kekristenan Barat. Adapun tiga sikapnya yang bisa kita teladani, antara lain:


1."Positif": Di dinding kamarnya, terdapat kalimat berikut yang ditulis dengan huruf-huruf besar: “Di sini kami tidak membicarakan yang buruk tentang siapapun.” Ia mengajak kita untuk tidak menjadi orang beriman yang asyik bergosip/bergunjing tapi selalu sibuk dan penuh dengan hal hal baik untuk memuliakan Tuhan lewat sesama dan bersama semesta.

2."Kontemplatif": “Terlambat aku mencintaiMu, Tuhan,” serunya kepada Tuhan. Agustinus beberapa kali mendapat "insight", pengalaman pribadi dengan yang ilahi. Itulah juga yang menguatkan imannya untuk menghabiskan sisa hidupnya dengan mencintai Tuhan dan membawa orang-orang lain untuk juga mencintaiNya lewat doa dan relasi pribadinya dengan Tuhan.

3."Produktif": Semasa hidupnya, Agustinus adalah seorang pengkhotbah yang ulung. Ia juga menulis surat-surat, khotbah-khotbah serta buku-buku dan mendirikan biara di Hippo untuk mendidik para biarawan agar dapat mewartakan injil ke banyak tempat. Di antara ratusan buku karangannya, yang paling terkenal ialah “Pengakuan-Pengakuan” dan “Kota Tuhan”. Ia dikenang sebagai uskup dan Pujangga Gereja serta dijadikan pelindung para seminaris: “Engkau telah menciptakan kami bagi Diri-Mu, ya Allahku, dan hati kami tiada tenang sebelum beristirahat di dalam Dikau.”   (St. Agustinus "Pengakuan-Pengakuan").

"Pati Unus pahlawan kami - St Agustinus doakanlah kami."

Salam HIK-ers."
"H-arapan I-man K-asih."
Tuhan memberkati + Bunda merestui. 
Fiat Lux! (@RomoJostKokoh).   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar