Ads 468x60px

Kamis 31 Juli 2014

Pw. St. Ignatius Loyola
Yer 18:1-6; Mat 13:47-53

"Ite imflammate omnia - Pergilah & kobarkan api bagi semua." Bersama dengan peringatan St Ignatius Loyola, pendiri Jesuit, kitapun diajak mengenal arti nama "ignatius" yakni "api semangat". Ia yang bernama asli "Inigo" dan anak bungsu dari 12.bersaudara yang terlahir di Basque, utara Spanyol ini memang selalu mengobarkan api ilahi lewat hidup doa.dan karyanya bahkan di usianya yang menjelang 40 tahun, ia rela untuk belajar bahasa latin dengan anak-anak usia 20 tahun. Mengacu pada Ignatius, ada beberapa semangat ignasian yang bisa kita buat supaya selalu bisa menjadi "api" yang hidup, antara lain:

1."Ad Maiorem Dei Gloriam-Semuanya demi kemuliaan Tuhan yang lebih besar": Ia menyadari diri sebagai pendosa yang dicintai Tuhan. Ia bukan sosok yang sempurna tapi penuh dengan ambisi-gengsi dan emosi, itu sebabnya ia terus belajar untuk menjadi sahabat dan pemimpin yang baik serta rendah hati dimana semuanya ini diarahkan semata untuk kemuliaan Tuhan.


2."Deus semper maior-Tuhan selalu lebih besar": Ia tinggalkan Puri Loyola dan berziarah supaya bisa lebih mengutamakan Tuhan. Di Manresa tepatnya di Biara Montserrat, ia melakukan pengakuan dosa dan menuliskan pengalamannya tentang doa/latihan rohani. Ia juga mempersembahkan pedangnya di altar dan diberikannya jubah kebangsawanannya kepada pengemis karena baginya Allah yang selalu lebih besar.

3."Christo regi cor et labor-Hati dan jerih payah untuk Kristus Raja": Ia adalah orang yang mencintai dunia, yang merengkuh kekayaan dunia dan selalu mempersembahkannya kepada Tuhan. Ia mengajak kita menjadi orang yang selalu mengikutsertakan yang ilahi dalam segala yang insani, karena jelaslah dunia perlu dirangkul untuk mengusahakan kesucian: menjadi semakin manusiawi, semakin mendunia tapi demi kemuliaan Tuhan. Ya, lewat dialah, spiritualitas untuk menemukan Tuhan dalam segala sesuatu, dalam realitas konkret harian menjadi sebuah bentuk spiritualitas yang sangat pokok dalam Gereja. Jelasnya, ia antusias dan akrab di tengah perkembangan jaman dan segala hiruk pikuknya yang khas.

"Ayam jago di warung Indomie - St Inigo doakanlah kami."

Tuhan memberkati + Bunda merestui.
Fiat Lux! (@RomoJostKokoh).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar