Ads 468x60px

Jumat 01 Agustus 2014

PW. St. Alfonsus Maria de Liguori
Yer. 26:1-9; Mzm. 69:5,8-10,14; Mat. 13:54-58

"Totus Tuus ego sum et omnia mea Tua sunt - Aku adalah milikMu dan segala milikku adalah milikMu." Inilah sepenggal doa dari St Alfonsus Maria de Liguori yang kita kenangkan persis pada hari jumat pertama Agustus ini ("Akan baGUS jika bersama krisTUS"). Ia adalah anak sulung dari 7 bersaudara keluarga bangsawan saleh di Italia. Salah satu kekhasannya adalah bakatnya yang cemerlang pada bidang hukum. Hukum sendiri sebenarnya punyai arti yang indah, "Hadir Utk Keselamatan Umat Manusia." Seperti Yesus, Alfonsus juga mengajak kita untuk menjadi "hukum yang hidup", yang Hadir Untuk Keselamatan Umat Manusia" dengan beberapa cara, antara lain:


1."Keterbukaan": Seperti St Alfonsus yang terbuka ketika mendengar sapaan ilahi, "tinggalkan dunia dan serahkan dirimu kepadaNya", kita juga diajak selalu menjadi pribadi yang mau menerima dan terbuka "head-hand-heart" terhadap banyak sapaan Tuhan lewat sesama dan semesta. Ini perlu diperjuangkan karena de facto, kita kerap sulit terbuka dan malahan mudah "menolak": berpikir buruk dan menganggap remeh orang lain seperti yang dibuat oleh orang sekampung Yesus.

2.Kenabian: Yesus hadir sebagai nabi yang selalu tegas dan jelas mewartakan kebenaran bersama dengan BapaNya. Hal ini serupa dengan kalimat yang selalu dikatakan St Alfonsus, "bersama Tuhan, penebusan berlimpah".

3."Kesaksian": Di setiap tempat dan saat, Yesus selalu bersaksi walau kadang ditolak dan dianggap remeh, tidak dianggap dan tidak diperhatikan. Ia berdaya tahan sebagai saksi karena cintaNya yang sejati, dalam bahasa St Alfonsus, "seluruh kesempurnaan jiwa terletak pada cinta kita akan Yesus, harta tertinggi dan penebus kita". Itulah sebabnya, para pengikutnya di Ordo "C.Ss.R/Redemptoris/ Conggregatio Sanctissimi Redemptoris" mengagumi kesaksiannya lewat devosinya yang mendalam kepada Tuhan dan Bunda Maria, kontemplasi dan penghormatannya terhadap Sakramen MahaKudus.

"Dari Efesus ke Sukabumi-St Alfonsus doakanlah kami."

Tuhan memberkati + Bunda merestui.
Fiat Lux! (@RomoJostKokoh).

PIN HIK: 752D878C.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar