Ads 468x60px

Sabtu 09 Agustus 2014

Pekan Biasa XVIII
Hab. 1:12 - 2:4;Mzm. 9:8-9,10-11,12-13;Mat. 17:14-20.

"Vade retro satana -Enyahlah hai iblis". Inilah salah satu seruan dalam upacara exorcisme khas St Benediktus. Secara sederhana, ada 7 iblis, antara lain: "Luciver-kesombongan; Mamon-ketamakan; Satan-kemarahan; Belphegor-kemalasan; Beelzebub-kerakusan; Leviathan-keirihatian dan Asmodeus-percabulan".


Adapun hari ini, para murid juga menghadapi pelbagai setan dan mereka bertanya: "Mengapa kami tidak dapat mengusir setan itu?" Yesus menjawabnya: "Karena kamu kurang percaya." Adapun 3 semangat iman yang bisa kita ingat sebagai orang yang ingin trus belajar menjadi orang yang percaya, antara lain:

1."In nomine Iesu- Dalam nama Yesus": Ia mengajak kita untuk selalu "rendah hati", mengatas namakan semua doa dan karya kita bersama dan dalam nama Tuhan.

2."Deus meus et omnia -Tuhanku dan semua": Kita diajak untuk "sepenuh hati" meyakini bahwa Tuhan kita adalah Tuhan bagi semua dan semesta.

3."Sacra crux sit mihi lux-Salib suci cahaya hidupku": Ia mengajak kita untuk "suka hati", membawa "salib" dalam setiap hidup kita, tidak larut dalam kesadaran praktis tapi melibatkan kesadaran reflektif bahwa Tuhan lah yang selalu menjadi cahaya hidup sejati.

"Cari senar di taman -Jadilah orang yang bersinar karena beriman."

"Salam HIK-ers".
Tuhan memberkati + Bunda merestui.
Fiat Lux! (@RomoJostKokoh).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar