Ads 468x60px

Tak Pernah Bisa Terbang Lagi


Seekor kupu-kupu sedang berjuang keluar dari kepompong melalui sebuah lubang sempit. Seseorang mengamati perjuangan kupukupu itu dan ingin membantu. Ia ambil gunting dan memperbesar lobang keluar, hingga kupukupu bisa keluar. Memang bisa keluar, tetapi ia tak bisa terbang karena sayapnya masih lemah dan badannya luka kena gunting. Sayapnya ternyata tak menjadi lebih merentang seperti diharapkan orang yang membantunya tadi. Kupukupu malang itu tak pernah bisa terbang lagi. Kenapa? Ia telah ditolong terlalu cepat padahal proses kekuatan sayapnya belum matang. Kekuatan sayapnya justru menjadi matang melalui gelepar perjuangannya untuk keluar dari kepompongnya.

Banyak pihak berbuat kekeliruan dengan belas-kasihan yang palsu. Mereka pikir dengan memberi ikan orang akan kenyang. Mereka lupa orang itu akan segera lapar lagi. Belas-kasihan palsu adalah membuat pihak lain tergantung dan tetap lemah.

Mana Ada Tai Kuda Tanpa Ada Kuda

Ada dua anak kembar. Yang seorang selalu mengeluh, yang satu lagi selalu melihat ‘mawar’ alias peluang dimana-mana. Suatu hari orangtua mereka memberi hadiah ulang-tahun pada kedua anak itu dengan syarat dibuka di kamar masing-masing. 

Waktu anak pertama membuka hadiahnya ia menemukan sebuah komputer notebook yang mahal dan canggih. Anak itu mulai berkata, 
“Bah, aku tak suka komputer ini … Pasti ini mudah rusak … Perangkat lunaknya kurang canggih … Punya si Toni jauh lebih seru untuk video game …” 
Anak yang satu lagi waktu membuka kadonya dan terlihat terkejut melihat kadonya berisi tai kuda yang masih hangat.
“Hah, tai kuda, ya. Papa dan Mama jangan menipu aku. Bila ada tai kuda, pasti ada kudanya, hah”.

Terkadang kita melotot kelewat lama pada pintu yang sedang menutup hingga kita terlambat melihat pintu yang sedang membuka. Kreativitas adalah kemampuan melihat hubungan yang tadinya tidak ada. Orang yang berpikir positif selalu melihat hubungan antara sesuatu yang tampak dengan sesuatu lain yang tidak terlihat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar