Ads 468x60px

Rabu 22 Oktober 2014

Ef. 3:2-12; MT Yes. 12:2-3,4bcd,5-6; Luk. 12:39-48.

"Cura ut valeas- Berusahalah agar kau berhasil!"
Secara alami, di tengah maraknya pencurian rumah, kita akan selalu berusaha mencari ketenangan, aman dan damai dalam rumah, dengan selalu berwaspada bukan?
Kadang kita membangun tembok tinggi plus kawat, menyewa satpam/tentara atau memasang kamera pengintai/CCTV dll.


Hari inipun, Yesus menekankan pentingnya sikap berjaga: “Hendaklah kamu juga siap sedia, karna Aku datang pada saat yang tidak kamu duga” (Luk 12:40). Yang pasti, secara imani, kita hidup di antara dua kedatanganNya: yang pertama sudah terjadi dan yang kedua akan datang.
Dkl: hidup kristiani tampak sebagai hidup dalam penantian, yang kerap tidak nyaman dan selalu berada dalam ketegangan karna tidak ada kejelasan yang persis tentang kapan datangnya yang dinanti.

Menariknya, kedatanganNya diibaratkan dengan kedatangan seorang pencuri. Tujuan seorang pencuri adalah memasuki rumah korbannya tanpa diketahui oleh siapapun. Tapi, Tuhan adalah "pencuri istimewa" yang malah kerap memperingatkan "korbannya" agar berhati hati dan berjaga-jaga. Berbeda dengan pencuri lain, pencuri istimewa ini justru senang kalau kedatanganNya diketahui oleh orang banyak. Ia malah senang kalau pekerjaanNya gagal total karena semua orang waspada, bersiap & berjaga.

Adapun trilogi semangat yang bisa kita "siap"kan, antara lain:

1.Persahabatan.
"Simanjuntak- Siap beriman biar maju serentak"
Inilah sebuah persahabatan dengan Allah sekaligus dengan sesama yang sama2 menuju pada Allah. Hal ini bisa dibuat dengan olah rohani, doa pribadi/bersama.

2.Perjuangan.
"Sihombing- Siap diombang ambing"
Inilah harapan supaya kita selalu tegar di tengah badai cobaan dan godaan, tetap tegar walau kadang pudar dan redup nyalanya.

3.Pertobatan.
"Sitorus-Siap bertobat terus"
Kita diajak untuk selalu rendah hati bertobat dan ber-"metanoia", berbalik kepadaNya setiap hari. "Ada Ita ada Abdullah- Maranatha Tuhan datanglah!"

Salam HIK-ers
Tuhan memberkati & Bunda merestui.
Fiat Lux!@RomoJostKokoh



Tidak ada komentar:

Posting Komentar