Ads 468x60px

Minggu 16 November 2014

Pekan Biasa XXXIII 
Ams 31:10-13,19-20,30-31; Mzm 1281Tes 5:1-6; Mat 25:14-30

"Regnum Tuum- KerajaanMu."
KerajaanMu yang dimaksud disini adalah Kerajaan Allah yang memberikan/mempercayakan "hartanya" berupa talenta kepada kita masing-masing. Secara sederhana, "talenta" itu mengandung 3 ajakan kebaikan, antara lain:

1. TA-burkan iman.
Mengacu pada bacaan hari ini, jelas bahwa hal Kerajaan Sorga sama seperti seorang yang mau bepergian ke luar negeri, yang memanggil hamba-hambanya dan mempercayakan harta/talentanya kepada mereka.Dengan kata lain : TUHAN yang mempercayakan 'hartanya' itu sungguh mengajak kita untuk terus menaburkan iman.

2. LEN-yapkan setan.
Ia menganugerahkan talenta kepada kita bukan supaya kita menjadi orang yang jahat dan malas tapi menjadi orang yang baik dan rajin, yang selalu memelihara dan menumbuhkembangkan talenta dengan pola "tts- tekun-tanggung jawab dan setia."

3. TA-kutlah akan Tuhan. Perumpamaan tentang talenta juga mengingatkan kita bahwa tempat dan pelayanan kita di surga akan ditentukan oleh kesetiaan dalam kehidupan dan pelayanan kita di bumi (bdk. Mat 25:29).

Talenta sendiri bisa melambangkan semua kemampuan, waktu, sumber daya dan kesempatan kita untuk melayani Allah ketika masih hidup. Hal-hal ini akan dianggap oleh Allah sebagai sesuatu yang dipercayakan kepada kita dan kita bertanggung jawab untuk mengelolanya dengan sebijaksana mungkin. Dengan kata lain: Kedudukan dan warisan di surga akan sebanding dengan pengabdian kita sekarang kepada Allah di dunia (Luk 22:24-30).

"Dari Jakarta ke Surabaya - Kembangkanlah talenta agar hidup semakin bercahaya."


Salam HIKers,
Tuhan memberkati & Bunda merestui
Fiat Lux!@RmJostKokoh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar