Ads 468x60px

Kamis 04 Desember 2014

Pekan Adven I
Yes 26:1-6; Mat 7:21,24-27

"Optio fundamentalis- Pilihan dasar."
Dalam ilmu bangunan, fundamen/pondasi dasar adalah yang terutama. Ia menentukan masa depan bangunan beserta penghuninya. Hal yang sama berlaku bagi pondasi kehidupan: "Bila topan melanda lenyaplah orang fasik tapi orang benar tetap abadi kokoh berlandasan" (Ams 10:25). Dalam Mat 7:25, Yesus menunjukkan masa depan rumah kehidupan harus didirikan di atas batu (Yun: petra).


Dalam tradisi KSPL (Kitab Suci Perjanjian Lama) , petra adalah gambaran kekuatan ilahi. Yahwe adalah gunung batu keselamatan kita (Maz 95:1), yang berarti kekuatan dan kehadiran ilahi merupakan landasan dasar setiap kehidupan orang beriman. Namun, iman kita tak boleh berhenti dalam ucapan tapi harus diwujudkan dalam tindakan, teori terintegrasi dengan praktek, apa yang kita wartakan juga kita wujud-nyatakan, "ora et labora- berdoa dan berkarya", sehingga iman akan kekuatan dan kehadiran ilahi tidak hanya memiliki dimensi personal tapi juga memiliki dimensi sosial.

Inilah sebuah usaha nyata bagi setiap orang beriman yang siap mempunyai "3 tas", loyalitas-totalitas & integritas: "Bukan setiap orang yang berseru kepadaKu: Tuhan, Tuhan! Akan masuk ke dalam Kerajaan Sorga, melainkan dia yang melakukan kehendak BapaKu yang di sorga."

Jelasnya, berdoa dan menyerukan nama Tuhan itu penting namun tidak cukup. Oleh karena itu, apa yang menjadi kata2 dalam doa-doa kita hendaknya kita wujudkan dalam tindakan nyata kita dan sebaliknya karya2 nyata kita hendaknya kita persembahkan dalam doa-doa kita.

Adapun "mengikuti" Yesus (Yun: akoloutheo) memiliki arti "berada di belakang "keleuthos" (Yun: jalan) yang ditempuh Yesus. Ini berarti seluruh hidup kita harus berjalan melalui dan dalam "tapak tapak Yesus", dimana tidak hanya terdapat doa tapi juga karya, dimana iman tidak hanya berdimensi personal tapi juga sosial, dimana ada keutuhan antara teori & praktek.

"Dari Tangerang ke Brantas-Jadilah orang yang punya integritas."

Salam HIKers,

Tuhan memberkati & Bunda merestui
Fiat Lux!@RmJostKokoh





Tidak ada komentar:

Posting Komentar