Ads 468x60px

MUTIARA – MUliakan Tuhan, Tingkatkan Iman, ARAhkan tujuan

“Lama sudah aku mencari- ketenangan di dlm diri/tempat pautan hati-kala ku sendiri. Dikaulah mutiara-yang lama kucari-skrg berjumpa. Mutiara yg hilang-hanyalah kiasan-tapi dikau orangnya. Kini aku tlh bertemu. Dia yg tlah lama kucari. Mutiara yg hilang dulu-jumpa lagi." Inilah lagu berjudul "Mutiara yg hilang" yang juga menjadi satu dari tujuh perumpamaan tentang Kerajaan Surga (Mat 13) dengan "salam 3 jari"nya, antara lain:


1."MUliakan Tuhan": Adalah seorang pria Katolik bernama Ignatius yang lahir pada 1491 di kastil Loyola dan pernah terluka dalam perang 1521. Dalam proses penyembuhannya inilah, ia bertobat dan berjalan kaki lebih dari 3000 kilometer dan selama 18 bulan menuju Yerusalem, di jaman ketika banyak orang Eropa tidak pernah melancong lebih dari 15 kilometer. Dalam asas dan dasar LR, dia menulis, “tujuan setiap manusia diciptakan adalah untuk memuji dan memuliakan Tuhan”, yah semua harta-cinta dan talenta terangkum dalam satu semboyannya, “AMDG - Ad Maiorem Dei Gloriam - Demi lebih besarnya kemuliaan Tuhan".

2."TIngkatkan Iman": Yesus menyiratkan bahwa dunia kita seperti "ladang"-ada gandum+lalang, seperti jala/pukat-ada ikan yg baik+buruk, seperti "padang"-ada yg mjd domba+kambing. Di satu kubu, ada pasukan kebaikan yg berjuang membangun Kerajaan Allah. Di lain kubu, ada barisan kejahatan yg juga berupaya u/memperdaya. Maka, kita perlu meningkatkan iman sperti Maria (Yoh 2)+ Martha (Yoh 11). Kt diajak punyai "akar/dasar/fundamen" yg kokoh, shg sungguh mjd kota di atas gunung+cahaya di atas kaki dian (Mat 5:13).

3."ARAhkan Tujuan": Yesus mengatakan ttg adanya "eliminasi", saat pemisahan: yg bnr dr yg jahat, gandum dari ilalang, domba dari kambing, ikan yg baik dari ikan yg buruk. Disinilah, kt diajak sbg org yg sdh dibaptis u/jiarah (Jw: siji sing diarah), sll mnj Tuhan+kebaikan, bukan setan+kejahatan. "SINAGA-SIap NAik ke surGA? "Salam tiga jari!"


Tuhan memberkati+Bunda merestui. 
Fiat Lux! (@RomoJostKokoh).



Tidak ada komentar:

Posting Komentar