Ads 468x60px

Rabu 17 Desember 2014

Hari Biasa Khusus Adven III
Kej 49:2.8-10; Mzm 72; Mat 1:1-17

"Curiculum vitae- Riwayat hidup."
Inilah juga yang ditampilkan dalam "silsilah Yesus" pada bacaan hari ini. Sebuah silsilah, yang merunut garis keturunan Yesus melalui garis Yusuf sebagaimana kebiasaan Yahudi ketika itu (Mat 1:16). Walaupun Yusuf bukanlah ayah Yesus secara biologis (Mat 1:20), ia tetap merupakan ayah Yesus secara hukum. Karena Allah sudah berjanji bahwa Mesias akan menjadi keturunan Abraham (Kej 12:3; 22:18; Gal 3:16) dan Daud (2Sam 7:12-19; Yer 23:5), maka Matius merunut silsilah Yesus sampai kepada kedua tokoh ini untuk membuktikan kepada orang Yahudi bahwa Yesus mempunyai silsilah yang tepat sehingga memenuhi syarat sebagai Mesias.

Lebih lanjut, ada beberapa hal lain yang bisa kita petik dari silsilah ini, antara lain:

 1."Diurapi":
Yesus yang adalah "Kristus" (Yun: Christos, Ibr: Mesias) hadir sebagai "yang diurapi Roh Kudus" (Yes 61:1; Luk 4:18; Yoh 3:34; Kis 10:38). Ia diurapi sebagai "Nabi" yang membawa pengetahuan dan kebenaran (Ul 18:15), sebagai "Imam" yang mempersembahkan korban (Maz 110:4; Ibr 10:10-14) dan sebagai "Raja" yang menuntun dan menegakkan kerajaanNya (Za 9:9).

2."Diberkati":
Kelahiran Yesus dari seorang perawan dilindungi dalam silsilahNya. Perhatikan bahwa kata "memperanakkan" dipakai untuk semua nama sampai kepada Yusuf, tapi setelah itu pernyataan diubah. Tidak dikatakan bahwa Yusuf "memperanakkan Yesus", melainkan bahwa Yusuf adalah "suami Maria, yang melahirkan Yesus" (Mat 1:23). Dengan kata lain: Maria hadir sebagai "yang diberkati".

3."Dihidupi":
Silsilah ini memuat 42 daftar nama orang hidup, yang berada dalam satu garis keturunan, mulai dari Abraham sampai Yesus.  Nama yang muncul dalam silsilah ini, bukan hanya menjelaskan hubungan kekerabatan tapi juga mau menjelaskan tentang kasih Allah yang hidup. Allah berkenan memilih dan memakai banyak orang yang hidup menjadi alatNya.
Dkl: kasih Allah itu hidup. Tidak berbatas, besar dan lebar, menerobos setiap sekat dan pekat dunia.

"Daun pepaya daun kaktus-
Mari berkarya bersama Kristus."

Salam HIKers,
Tuhan memberkati & Bunda merestui
Fiat Lux!@RmJostKokoh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar