Ads 468x60px

Senin 15 Desember 2014

Pekan Adven 3
Bil. 24:2-7.15-17a; Mat. 21:23-27

"Adoro Te - Aku menyembah Engkau."
Inilah salah satu ajakan yang kadang tertulis di dinding tabernakel gereja. Hari ini, Yesus yang kita sembah mengajar dengan penuh wibawa dan membuat banyak mukjizat. Namun, walau banyak sekali bukti nyata di depan mata mereka, para "tomat-tokoh umat", yakni imam kepala dan pemuka bangsa yahudi tetap menolak untuk percaya kepadaNya.


Mereka takut kehadiran Yesus mengancam popularitas mereka. Pikiran dan hati mereka dipenuhi rasa dengki dan iri, permusuhan dan kecurigaan sehingga mereka tidak mampu melihat kehadiran ilahi dalam diri seorang anak tukang kayu yang sungguh insani.
Adapun, "debat" antara Yesus dengan para "tomat" ini terjadi di Bait Allah, ketika Sang Guru sedang mengajar. Kuasa Yesus dipersoalkan: "Dengan kuasa manakah Engkau melakukan hal-hal itu?" Kalau kita renungkan, sebelum perikop ini-ditampilkan beberapa tindakan Yesus di Bait Allah, antara lain: 

Yesus mengusir para pedagang di Bait Allah (Mat 21:12) dan Yesus menyembuhkan beberapa orang buta dan orang timpang di Bait Allah (Mat 21:14). Maka, hal-hal itu tampaknya bisa diartikan sebagi hal-hal yang tidak lazim dilaksanakan di Bait Allah dan bisa jadi "mengalahkan" popularitas para tokoh umat selama ini.

Nah, di hadapan pertanyaan itu, Yesus tidak langsung menjawab. Dengan cerdas, Ia justru balik menyampaikan pertanyaan dilematis. Tampaknya Yesus punya kepekaan hati bahwa pertanyaan mereka bukanlah pertanyaan yang tulus. Mereka hanya mencari jalan untuk mempersalahkan Dia. Lalu? Meskipun tidak menjawab kita tahu bahwa kuasa yang mendorong Yesus adalah kuasa Roh Kudus yang diberikan oleh BapaNya sendiri. Roh itu pula yang diberikan kepada semua yang mengikutiNya.

Oleh karena itu, kita juga bisa bertanya: apakah Roh itu memang sudah kita persilahkan untuk hadir dan mengilhami setiap hidup doa dan karya harian kita?

"Si Nana suka makan mangga  -
Hosana terpujilah Engkau di surga!"

Salam HIKers,
Tuhan memberkati & Bunda merestui.
Fiat Lux!@RmJostKokoh


Tidak ada komentar:

Posting Komentar