Ads 468x60px

Rabu 28 Januari 2015

St. Thomas Aquino Ibr. 10:11-18; Mzm. 110:1,2,3,4; Mrk. 4:1-20

"Via illuminativa- Jalan pencerahan."
Inilah salah satu hal yang diwartakan Yesus.Inilah juga yang ikut diperjuangkan St Thomas Aquinas yang kita kenangkan hari ini. Kitapun diajak untuk menjadi "illuminata et illuminatrix-cerah dan mencerahkan" dengan belajar pada Yesus, Sang Penabur Sejati yang memiliki beberapa pencerahan, antara lain: 

1.Universal:
Ia mengajar kebaikan kepada semua orang.
Ajaran dan kasihnya sungguh terbuka, universal, lintas batasdan tidak ter-gap atau tidak tersekat oleh pengkotak+kotakan antar golongan.

2.Sosial:
Ia menjadi orang yang iklas membagikan/menyebar-pencarkan rahmat dan tidak sibuk menumpuk/menyimpan rahmat untuk diri sendiri.
Hidupnya ada untuk berbagi, apapun resiko yang dihadapi.

3.Integral:
Ia menjadi orang yang utuh, antara doa dan karya.
Ia juga ajak kita menjadi orang yang integral dengan lebih mudah mendengarkan karena kerap kita lebih mudah "besar mulut" daripada "lebar telinga".

Nah, 3 pencerahan ilahi ini bisa kita dapatkan dengan mengingat salah satu penegasan dari St Thomas bahwasannya kita mutlak membutuhkan rahmat Tuhan, yakni rahmat yang memberi pencerahan pada akal budi dan hati kita. Oleh karena itu, yang utama yang harus kita lakukan untuk menjadi "sang pencerah" yang universal-sosial dan integral, adalah dengan selalu rendah hati untuk membuka diri dan mendengarkan sapaanNya lewat sesama dan semesta, lewat kitab suci dan sakramen2 suci gerejaNya.

" Makan bubur dan minum selasih di Wisma Bahari -
Mari menabur cinta kasih setiap hari."

Salam HIKers,
Tuhan
memberkati & Bunda merestui
Fiat Lux!@RmJostKokoh
















Tidak ada komentar:

Posting Komentar