Ads 468x60px

Sabtu 21 Februari 2015


Yes. 58:9b-14; Luk. 5:27-32.

“Confitemini Domino - Bersyukurlah kepada Tuhan!"
Alasan dari kedatangan Yesus (inkarnasi, "in-carna") adalah untuk menebus manusia:
"Redemptionis incarnatio causa est". Ia hadir dan mengalir, mengasihi dan memberikan nyawaNya sebagai tebusan bagi banyak orang. (Mrk 10:45)

Seperti Lewi/Matius yang dikasihiNya, adapun 3 sikap dasar yang bisa kita buat, antara lain:

1.Terbuka:
Yesus bersikap terbuka. Ia menyapa semua orang, bahkan orang yang dicap pendosa.
Keterbukaan tersebut bukan melulu untuk kesenangan belaka tapi untuk ikut menunjukkan jalan keselamatan kepada mereka. (Mat 9:12; Mazm 1:1).

Pada bacaan hari ini, Yesus "melihat" Lewi dan berkata "Ikutlah Aku". Adapun Lewi juga disebut Matius (Mrk. 2:14; Luk. 5:27), sedang duduk di rumah cukai di Kapernaum, yang terletak dekat jalan raya dari Damsyik ke kota-kota pelabuhan (dan oleh karena itu merupakan tempat baik u/menagih pajak atas barang dagangan yang lewat darat atau yang menyeberangi Danau Galilea).
Pastinya, sapaan Yesus penuh keterbukaan ini merupakan undangan istimewa.

Yesus berkenan untuk membuka hati pada orang berdosa yang menurut pandangan orang lain tidak berharga!

2.Tergerak:
Matius/Lewi tergerak untuk menanggapi sapaan Yesus. Ia berdiri dan mengikut Yesus. Tindakan ini menandai pemutusan hubungan dengan masa lalu. Ia tidak mungkin berbalik kembali karena kedudukannya akan digantikan orang dan menemukan pekerjaan baru akan sulit bagi mantan pemungut cukai. Dengan kata lain: MengikutiNya berarti siap untuk "next level”, naik tingkat untuk meninggalkan hidup lama yang kurang baik.

3.Bergerak:
Didasari sukacitanya, Lewi/Matius bergerak. Ia mengadakan jamuan makan dan mengundang semua temannya: para pemungut cukai dan pendosa, yang kerap hidupnya di-cap jelek oleh orang lain. Pastilah Lewi/Matius juga mengundang mereka dengan tujuan agar Yesus juga dapat bergerak membawa semakin banyak orang kepada keselamatanNya karena jelas bahwa setiap orang berharga di mataNya.

"Ada galah ada paku -
Mari ikutlah Aku."


Salam HIKers,
Tuhan memberkati & Bunda merestui
Fiat Lux!@RmJostKokoh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar