Ads 468x60px

Kamis 11 Juni 2015

PW St. Barnabas Rasul
Kis. 11:21b-26; 13:1-3; Mzm. 98:2-3ab,3c-4,5-6 Mat. 10:7-13.

“Son of encouragement” ( בר - BAR: "anak", נביא - NEBI: "nabi", “NABAS”, 'perdamaian/penghiburan').
Inilah julukan untuk St. Barnabas yg kita kenangkan hari ini yg dalam Kis 4:36 dikatakan sbg ‘Yusuf, yang oleh rasul-rasul disebut Barnabas, artinya anak penghiburan, seorang Lewi dari Siprus.”
Barnabas yg berasal dari keluarga imam Yahudi-Siprus, dan Yohanes Markus adalah keponakannya (Kol 4:10), adalah anggota dari gereja Yerusalem, yang menjual miliknya untuk menyumbang grj (Kisah 4:36).

Nah, seperti Yesus yang mengundang Barnabas untuk mewartakan Kabar Baik , kitapun juga diajak pergi dan mewartakanNya dengan tiga dimensi rasuli, antara lain:


1.Kesaksian:
Kita diajak untuk pergi mewartakan kebaikan dan kemuliaan ilahi lewat doa, ucapan dan terlebih karya nyata: "Sembuhkanlah orang sakit; bangkitkanlah orang mati, tahirkanlah orang kusta; usirlah setan-setan".

2.Kesederhanaan:
Kita juga diajak mewartakanNya dengan hati sederhana, ikhlas atau tanpa pamrih sebab sejatinya kita telah menerima dengan cuma-cuma pula dan tetap mengandalkan penyelenggaraan ilahi: "Janganlah kamu membawa bekal dalam perjalanan, janganlah kamu membawa baju dua helai, kasut atau tongkat, sebab seorang pekerja patut mdpt upahnya."

3.Kesucian:
Dalam Kisah 11:24, ditampakkan sekaligus disebutkan tiga kualitas dasar yang dimiliki Barnabas sebagai seorang “anak penghibur” yg suci al: orang yang baik/moralitas yang baik; penuh Roh Kudus/ dipimpin oleh Roh Kudus, dan menghasilkan buah-buah roh; penuh dengan iman/kepercayaan. Dkl: Ia adl org yg penuh "KKI": Kebaikan, Kekudusan dan Iman.

“Dari Sambas ke Sukabumi –
Rasul Barnabas doakanlah kami!”

Salam HIKers,
Tuhan memberkati & Bunda merestui
Fiat Lux!@RmJostKokoh
Pin HIK 7EDF44CE / 54E255C0
NB: 
"Holy Feast/Misa HIK" 
@Penjara wanita di LP Tangerang, 
Kamis 11 Juni, 
14.00-selesai.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar