Ads 468x60px

Minggu 9 Agustus 2015

Minggu Biasa XIX 
1 Raj 19:4-8; Mzm 34:2-5.6-7.8-9; Ef 4:30-5:2; Yoh 6:41-51

"O res mirabilis - O sungguh mengagumkan." Inilah salah satu ayat dalam lagu "Panis Angelicus" yang bicara banyak soal identitas Yesus sebagai "roti hidup", yang rela “dimakan” oleh kita: dipecah dan dibagi bagi. Adapun inspirasi iman hari ini bahwa kita dipanggil menjadi "roti hidup" (Lat: hidup, vita, vitalitas) dengan pola "DPH', antara lain:

1.Datang ke Tuhan
"Tidak seorangpun dapat datang kepadaKu jika ia tidak ditarik oleh Bapa yang mengutus Aku" Dengan kata lain: Allah kita adalah Allah yang ber-inisiatif, yang pro-aktif, yang selalu datang untuk menarik dan menyapa kita: "Bangunlah dan berangkatlah!"
Allah yang proaktif mengajak kita untuk ingat bahwa tujuan hidup kita semata kepada Allah yang mengajak kita untuk selalu "bangun dan berjalan". Nah, sekarang kita juga diajak untuk mau datang kepadaNya setiap hari.

2.Percaya pada Tuhan: 
"Akulah roti hidup yang telah turun dari sorga. Jikalau seorang makan dari roti ini, ia akan hidup selama-lamanya, dan roti yang Kuberikan itu ialah daging-Ku, yang akan Kuberikan untuk hidup dunia." Jelasnya,kita diajak untuk semakin beriman, menemukan kehadiran yang ilahi lewat yang insani, lewat perjumpaan harian dengan sesama dan semesta (“ROTI”: Rahmat Oleh Tuhan yakni Iman”).

3.Hidup bersama Tuhan:
Orang Yogya makan gudeg. Orang Batak makan sangsang. Orang Padang makan rendang. Orang Manado makan cakalang. Orang Larantuka makan jagung titi. Orang Tionghoa makan babi. Orang Sunda makan lalapan. Orang Katolik? Orang Katolik makan hosti.

Secara sederhana, “hosti” berarti “korban” (Yun : hostia). Seperti Yesus yang rela berkorban, kita juga diajak untuk menjadi orang beriman yang mau “silaban: siap dan rela berkorban”, punya manfaat, semangat dan sahabat sebagai mitra Allah, "co creator" dalam menciptakan "langit+bumi" yang baru lewat doa-ucapan dan tindakan nyata.

"Dari Surakarta ke Sukabumi - Mari kita belajar saling mengilhami." 


Salam HIKers,
Tuhan memberkati & Bunda merestui
Fiat Lux!@RmJostKokoh
Pin HIK: 7EDF44CE/54E255C0

Tidak ada komentar:

Posting Komentar