Ads 468x60px

Selasa 29 September 2015


Pesta Malaikat Agung St. Mikael, Gabriel dan Rafael
Dan 7:9-10,13-14; Mzm 138:1-2a,2b-3,4-5; Yoh 1:47-51

"Natanael - Anugerah Allah"
Inilah nama orang Israel sejati yang diantar oleh Filipus ("FIkirkan tujuan-LIbatkan iman-PUSatkan perhatian") kepada Yesus. 
Adapun hari ini, Yesus berkata kepada Natanael alias Bartolomeus: "Engkau akan melihat langit terbuka dan malaikat Allah turun, naik kepada Anak Manusia." Dalam Kitab Mazmur dikatakan, para malaikat adalah para pahlawan perkasa yang melaksanakan firman-Nya dengan mendengarkan suara-Nya (Mzm 103:20). St. Paulus kepada umat di Kolose menulis, bahwa para malaikat itu milik Kristus dan diciptakan melalui Dia (Kol 1:16). Surat umat Ibrani memuat keterangan tentang peran para malaikat Allah dalam rencana penyelamatan yakni sebagai pelayan-pelayan yang diutus untuk melayani demi kepentingan dan keselamatan kita salvation (Ibr 1:14).
Ya, hari ini kita merayakan pesta para Malaikat Agung yang juga merupakan "anugerah Allah" buat kita: Mikael, Gabriel, dan Rafael.

1. Mikael (Ibr: 'Siapakah yang seperti Allah"):
Ia adalah panglima perang. (Why 12:7-9). Ia menjadi pembela kita dalam menghadapi musuh/roh jahat. (Dan 10:13). Gereja mengakuinya sebagai pelindung & pembela Gereja dalam penganiayaan-godaan dan perpecahan.

2. Gabriel (Ibr: "Allah kemenangan/kekuatanku"):
Ia adalah pelayan & utusan Allah yang membantu kita untuk mengerti misteri & kehendak Allah. (Dan 8:16-18; 9:21-23). Secara khusus, ia diutus untuk membawa kabar gembira kepada Zakaria dan Maria. (Luk 1:11-20; 26-38). Dengan kata lain: Gabriel adalah pembawa warta keselamatan sekaligus memberikan penerangan ilahi sehingga terbukalah budi dan hati manusia untuk memahami dan meyakini kehendak Allah.

3. Rafael (Ibr: "Allah yang menyembuhkan"): 
Ia adalah penyembuh & teman perjalanan. (Tob 4-12). Gereja menghormatinya sebagai teman perjalanan hidup sekaligus tabib Allah yang diutus untuk menyembuhkan & membebaskan manusia dari perhambaan setan. Ajaran dan iman Gereja tentang Malaikat dapat dibaca dalam Ketekismus Gereja Katolik 328-336. Pastinya, bersama teladan para malaikat agung, semoga kita juga selalu bisa menjadi "anugerah Allah" untuk orang lain dengan sikap-ucapan & tindakan kita yang kudus & tulus setiap harinya.

"Gunung Agung Gunung Sahari- Para Malaikat Agung doakanlah kami setiap hari."

Salam HIKers,Tuhan memberkati & Bunda merestui
Fiat Lux!@RmJostKokoh
Pin HIK: 7EDF44CE/54E255C0




NB:  1. SKI-Sekolah Kerahiman Ilahi ORK – Oase Rohani Katolik.
Kamis 1 Okt 2015, 05.00 - 06.00
@ 98.3 FM (ORK – Oase Rohani Katolik).
2.Pembukaan Bulan Rosario
“MOM – Mary Our Mother”
“P4” : 
Pemberkatan aneka balon rosario, 
Pemberian 365 rosario, 
Proses mawar dan rosario lima bahasa, 
Perayaan Ekaristi
Kamis, 1 Okt 2015.
18.00 – selesai.
@ Gereja Robertus Bellarminus
Jl Kelapa Gading 3 Cililitan Jkt.
“Hendaklah kita mencari surga itu dan marilah kita mencarinya melalui dan bersama Bunda Maria karena ia menjadi "tanda yang kelihatan dari rahmat yang tak kelihatan" (the visible sign of an invisible grace).


Tidak ada komentar:

Posting Komentar