Ads 468x60px

Rabu 21 Oktober 2015

Pekan Biasa XXIX
Rm. 6:12-18; Mzm. 124:1-3,4-6,7-8; Luk. 12:39-48

Homo proponit, sed Deus disponit - Manusia berencana, Tuhan yang memutuskan.”
Bersama dengan memoria/kenangan akan meninggalnya bapak saya persis delapan tahun yang lalu, Yesus jelas menekankan pentingnya sikap berjaga: “Hendaklah kamu juga siap sedia, karena Aku datang pada saat yang tidak kamu duga” (Luk 12:40).

Yang pasti, secara imani, kita hidup di antara dua kedatanganNya: yang pertama sudah terjadi dan yang kedua akan datang. Dkl: hidup kristiani tampak sebagai hidup dalam penantian, yang kerap tidak nyaman dan selalu berada dalam ketegangan karna tidak ada kejelasan yang persis tentang kapan datangnya yang dinanti.
Menariknya, kedatanganNya diibaratkan dengan kedatangan seorang pencuri. Tujuan seorang pencuri adalah memasuki rumah korbannya tanpa diketahui oleh siapapun.

Tapi, Tuhan adalah "pencuri istimewa" yang malah kerap memperingatkan "korbannya" agar berhati hati dan berjaga-jaga. Berbeda dengan pencuri lain, pencuri istimewa ini justru senang kalau kedatanganNya diketahui oleh orang banyak. Ia malah senang kalau pekerjaanNya gagal total karena semua orang waspada, bersiap & berjaga: "Berbahagialah hamba, yang didapati tuannya melakukan tugasnya itu, ketika tuannya itu datang.”
Adapun trilogi semangat yang bisa kita "siap"kan, antara lain:

1.Persahabatan.
"Simanjuntak- Siap beriman biar maju serentak"
Inilah sebuah persahabatan dengan Allah sekaligus dengan sesama yang sama2 ber-“ziarah”menuju Allah. Hal ini bisa dibuat dengan “KUD”: Karya yang murah hati, Ucapan yang memberkati ataupun Doa yang sepenuh hati – entah lewat ekaristi – devosi atapun adorasi.

2.Perjuangan.
"Sihombing- Siap diombang ambing"
Inilah harapan supaya kita selalu tegar di tengah badai cobaan dan godaan, tetap tegar walau kadang tawar- pudar – hambar dan redup sayup nyalanya.

3.Pertobatan.
"Sitorus-Siap bertobat terus"
Kita diajak untuk selalu rendah hati bertobat dan ber-"metanoia", berbalik kepadaNya setiap hari.

"Ada Ita ada Abdullah- Maranatha Tuhan datanglah!"

Salam HIKers,
Tuhan memberkati & Bunda merestui
Fiat Lux!@RmJostKokoh
Pin BBM HIK 7EDF44CE/54E255C0.


NB: 
SKI – Sekolah Kerahiman Ilahi 
@ Gereja Kristoforus Grogol Jakarta Barat
Jl Satria IV blok C no 48, Jelambar.
Minggu, 25 Oktober 2015.
07. 30 – 12.00.
Diawali dengan Misa Kudus di Gereja: 07. 30. 
Diselingi dengan aneka materi beserta “oleh oleh” dari Konggres "AACOM" (Konggres Kerahiman Ilahi se Asia, 14-16 Oktober 2015): 09.30. 
Diakhiri dengan Doa Koronka dan Adorasi: 12.00.

“Jadilah rasul-rasul Kerahiman Ilahi 
di bawah bimbingan keibuan penuh kasih sayang 
dari Santa Perawan Maria”


Tidak ada komentar:

Posting Komentar