Ads 468x60px

Kamis 12 November 2015


PW St. Yosafat
Keb. 7:22-8:1; Mzm. 119: 89, 90, 130, 135, 175; Luk. 17:20-25

"Ubi caritas et amor, Deus ibi est - Dimana ada cintakasih, hadirlah Tuhan."
Bersama dengan dukacita segenap umat atas meninggalnya Uskup Agung Semarang, kita diyakinkan bahwasannya kasih adalah tanda hadirnya yang Ilahi dalam keseharian kita yang insani.

Mengacu pada bacaan hari ini, Yesus sang sumber kasih menegaskan bahwa Kerajaan Allah ada di antara kita, dan makna ini sungguh real-aktual dan kontekstual jika kita juga selalu hidup dalam kasih karna Allah menjadi hadir dan meraja secara nyata melalui diri kita: "Kerajaan Allah datang tanpa tanda-tanda lahiriah, juga orang tidak dapat mengatakan: Lihat, ia ada di sini atau ia ada di sana! Sebab sesungguhnya Kerajaan Allah ada di antara kamu."

Hal ini mengundang dan menantang kita untuk berjuang menjadi "imago et similitudo Dei", citra Allah, cerminan dan gambaran dari figur Allah yang penuh kasih.

Implikasinya: pikiran dan tindakan, ucapan dan tingkah laku kita benar benar penuh kasih dan bisa menghadirkan keselamatan yang ditawarkan Allah, bukan berbagi gosipan tapi penghiburan, bukan berbagi cacian tapi pujian.

Dengan kata lain: kita menjadi "alter Christi", Kristus yang lain", karna kita telah dipilih dan dipanggil menjadi "yesus-yesus kecil" yang selalu mau untuk belajar mengasihi, mengampuni, melayani dan mengilhami sesama dan semesta lewat doa dan karya nyata, yang peka pada tanda2 kehadiran Allah lewat perjumpaan konkret dengan sesama dan semesta, yg berani mengubah hal-hal buruk menjadi baik:
yang "MARAH" menjadi "RAMAH", 
yang "BERANTEM" menjadi "BERTEMAN", 
yang "MALAS" menjadi "SALAM", 
yang "CAPEK" menjadi "CAKEP" dll.

Sudahkah kita menjadi "TANDA" hadirnya Allah yang hidup, "Tempat Aku Nampakkan Damai Allah" lewat doa, ucapan dan karya kita?

"Cari galah di Kalisari - Hadirkanlah Allah setiap hari"

Salam HIKers,
Tuhan memberkati & Bunda merestui
Fiat Lux!@RmJostKokoh
Pin HIK: 7EDF44CE/ 54E255C0.



NB: 
1. SKI - Sekolah Kerahiman Ilahi
@ Gereja Sefanus Cilandak Jakarta Selatan, 
Sabtu 21 Nov, 13.00 - 17.00 
Dilanjutkan dengan misa konselebrasi di Gereja Stefanus Cilandak.
Ada pembagian ratusan "Kaplet Rosario Kerahiman Ilahi" dan "Stiker Logo Tahun Kerahiman Ilahi" beserta "Naskah Doa Kerahiman Ilahi dari Paus Fransiskus plus tata cara berdoa Koronka dan Doa Jam Kerahiman Ilahi" (gratis).

2. SKI - MOM : "Mary Our Mother"
Perbincangan tentang Bunda Maria dan Kerahiman Ilahi.
Minggu, 22 Nov, 10.00 - 14.00
@ Campus St Mary, Jl KH Hasyim Ashari No: 54 Jakarta.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar