Ads 468x60px

Jumat 1 Januari 2016

Jumat Pertama
Hari Raya Maria Bunda Allah - Hari Perdamaian Sedunia
Bil 6:22-27; Mzm 67:2-3,5,6,8; Gal 4:4-7; Luk 2:16-21


"O sancta simplicitas - O kesederhanaan yg kudus!"
Itulah kata-kata yang kerap saya tulis dalam buku bukusayayang bertema Bunda Maria, dari “BBM” (2008) sampai “MOM” (2015). Itulah juga yang kembali terkenang di hari pertama tahun baru ini bersamaan dengan JUMPER-Jumat Pertama sekaligus “Hari Raya Maria Bunda Allah” dan “Hari Perdamaian Sedunia”.

Adapun 3 hal mendasar yang bisa kita maknai untuk semakin beriman bersama Maria, sebuah kesederhanaan yang kudus, al:

1."Bersaudara adalah jalan menuju kedamaian": 
Maria terbuka dan bersaudara dengan semuanya: Di kandang Betlehem, ia bersaudara dengan tiga raja dan para gembala yang bersahaja. Di Yerusalem, dia bersaudara dengan pengalaman dukacita dan Golgota. Sudahkah kita juga "bersaudara" (terbuka) dengan banyak orang dan aneka pengalaman lainnya, entah baik/buruk?

2."Berdamai adalah jalan menuju keberimanan": 
Maria disebut sebagai "Regina Pacis - Ratu Damai" karena hidupnya selalu membawa kedamaian dan bukan pergunjingan, ketulusan dan bukan kepalsuan, pujian dan bukan gosipan. Ia tidak mudah menjadi orang yang hiruk pikuk seperti pepesan kosong tapi ia menjadi pribadi yang kontemplatif, yang menyimpan segala perkara dalam hati dan merenungkannya. Hatinya peka dan sikapnya yang introspektif membuat hidup dan hadirnya selalu mendamaikan bagi semua org. Sudahkah kita juga selalu mengusahakannya?

3."Beriman adalahh jalan menuju kebahagiaan": 
Inilah hari pertama di Tahun 2016 sekaligus Hari Raya Maria Bunda Allah dan Hari Perdamaian yang penuh sukacita. Dalam iman kita, Maria diberi gelar Bunda Allah (Theotokos) karena ia dipilih untuk menjadi Bunda Yesus. Dan karena Yesus itu sungguh Allahdan sungguh manusia, maka Maria juga pantas disebut sebagai Bunda Allah sekaligus "Ratu Damai". Bersama Maria, sudahkah kita juga semakin mengimani Tuhan yang tampak hadir lewat sesama setiap harinya? Iman yang mengajak kita menjadi "peacemaker" dan bukan "troublemaker", sebuah iman yang harus dihorisontalkan secara real dan aktual setiap harinya.

"Ada salju di Pulau Buru - Mari maju di tahun yg baru."
Felix sit annus novus - Selamat menyambut tahun baru".

Salam HIKERS
Tuhan memberkati & Bunda merestui
Fiat Lux!@RmJostKokoh
Pin HIK: 7EDF44CE/54E255C0
https://www.facebook.com/Romo-Jost-Kokoh-1395538197386918/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar